Skip to main content
x

Youtube Batasi Iklan LGBT yang Muncul di Konten Video Anak-anak

KONFRONTASI-Pihak YouTube Indonesia memutuskan membatasi akses video dengan muatan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dalam iklan anak-anak yang membuat geger.

"Kami memiliki pedoman komunitas yang jelas yang menguraikan jenis konten yang tidak diizinkan di YouTube," tulisnya dalam keterangan resminya, Selasa (14/9).

"Dalam hal ini setelah peninjauan, kami telah menerapkan pembatasan usia pada konten tersebut. Kami memiliki kebijakan ketat yang secara jelas mengatur jenis iklan yang kami izinkan untuk muncul di YouTube dan kami menegakkan kebijakan periklanan ini dengan tegas," lanjut isi pernyataan itu.

Konten YouTube bermuatan LGBT untuk program anak-anak di Indonesia itu sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Iklan bernuansa LGBT ini membuat geram warganet karena muncul di sela-sela video anak Coco Melon. Hal ini dianggap membahayakan karena memasuki ruang visual anak-anak.

Salah satu warganet yang geram bahkan menuliskan komentar yang mengungkapkan kekesalannya perihal video iklan tersebut.

"Bahaya iklan ada di yutube di sela-sela video cocomelon.. Mana anak saya nonton ginian umur baru 5 tahun," tulis seorang warganet tersebut dalam kolom komentar video yang ada di YouTube tersebut.

Video Iklan dengan nuansa LGBT yang muncul di sela-sela tayangan anak itu berasal dari unggahan akun sinduatiga yang berjudul 'Sindu-Aku Bukan Homo' Official Music Video.

Video yang diunggah pada 9 September 2021 tersebut menceritakan apa yang dilakukan jika ia adalah seorang homo melalui lirik-lirik di video tersebut.

Tampilan animasi pada video ini dibuat dengan visual yang cukup menarik bagi anak-anak dengan mengambil tokoh buah-buahan dengan beragam warna yang menarik. Video ini juga dibumbui lantunan lagu dengan genre yang disesuaikan dengan kesukaan anak-anak sebagai latar suara.

Video yang diunggah dengan menampilkan animasi tiga dimensi ini berisi dua buah pisang yang sedang bernyanyi. Meskipun berjudul 'Aku Bukan Homo', namun lirik-lirik dalam video itu seakan-akan mendeskripsikan hal yang terkait homoseksual.[mr/cnn]