Skip to main content
x
Rizal Ramli

Tokoh Indonesia Timur: Saya Saksi Konsistensi Rizal Ramli

KONFRONTASI-Bagaimana pembelaan tokoh nasional Dr Rizal Ramli terhadap masyarakat timur Indonesia, seperti terhadap kawasan Maluku dan sekitarnya? Apa yang diperjuangkannya untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut ?

“Saya ini saksi bagaimana Rizal Ramli konsisten memperjuangkan agar kilang gas Blok Masela dipindahkan ke darat dari sistem terapung di laut. Kalau mau aman, sebenarnya dia cukup mengikuti arus besar, yang menghendaki sistem terapung, dengan risiko rakyat timur Indonesia tidak mendapat manfaat ekonomi dari Blok Masela” demikian pernyataan tokoh dari timur Indonesia, Engelina Pattiasina, dalam kata sambutan buku biografi “Rizal Ramli: Cinta, Kegigihan, dan Patriotisme. Kisah Inspiratif Seorang Anak Yatim Piatu”.

Popularitas Engelina Pattiasina Sangat Signifikan | Archipelago Solidarity

Engelina Pattiasina,

Direktur Archipelago Solidarity Foundation ini menandaskan, sebagai Menko Maritim dan Sumber Daya di kabinet Jokowi Rizal Ramli tahu persis apa yang terbaik untuk rakyat di kawasan timur Indonesia. 

Meskipun perjuangannya dalam persoalan ladang gas Blok Masela saat itu ditentang oleh para anasir korup, bahkan bertolak belakang dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat itu, Sudirman Said, yang menginginkan hasil gas Blok Masela dikelola di tengah laut.

Rizal Ramli ingin agar gas tersebut dikelola di darat supaya masyarakat di sekitarnya dapat merasakan hasilnya. Karena bisa menimbulkan berbagai efek ekonomi yang sangat positif, seperti terciptanya lapangan kerja dan terjadi dinamika di sektor perekonomian masyarakat secara luas, seperti halnya wilayah Balikpapan yang dikenal sebagai Kota Minyak. 

“Sikap konsisten Rizal Ramli berhasil membawa kilang gas Blok Masela ke darat. Kalau saja pengelolaan semua sumber daya alam sejalan dengan sikap Rizal Ramli, maka kesejahteraan rakyat bukan hal yang mustahil,” tandas Engelina Pattiasina.

Seperti diketahui, saat menjabat Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dengan gigih memperjuangkan agar perekonomian masyarakat di timur Indonesia tidak terus menerus tertinggal, di antaranya adalah harus dengan memaksimalkan sumber daya alam yang ada untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat di kawasan tersebut, bukan malah dinikmati oleh pihak asing.

Blok Masela yang merupakan salah satu wilayah yang memiliki cadangan gas terbesar di dunia terletak di kawasan laut Arafura, sekitar 150 kilometer dari Pulau Saumlaki, Maluku, sejak lama menjadi incaran pihak asing yang menginginkan hasil gasnya dikelola di tengah laut, yakni dengan sistem kilang berupa kapal besar terapung.

“Saya cukup lama mengenal track record Rizal Ramli. Dia kaya dengan pengalaman dan analisis ekonominya sangat tajam” ujar Engelina lagi.

Sikap konsisten Rizal Ramli, menurutnya, adalah menjadikan jabatan sebagai alat perjuangan untuk membela kepentingan mayoritas rakyat Indonesia. 

“Bahkan saat di luar kekuasaan sikapnya sama, yaitu memperjuangkan kepentingan rakyat,” tandas Engelina. (AG). *****