Skip to main content
x

Salamuddin Daeng : Kebakaran Kilang Balongan Berbuntut Panjang

KONFRONTASI  -    Pengamat Energi dan Peneliti AEPI Salamuddin Daeng mengatakan kebakaran kilang Pertamina Balongan akan berbuntut panjang. Dimana kejadian yang menelan puluhan korban jiwa dan ribuan keluarga diungsikan ini, tidak hanya menyisahkan trauma bagi masyarakat, namun menyisahkan masalah hukum bagi Pertamina baik perdata maupun pidana.

"Nama baik pertamina tercoreng dimata investor global. Gara gara ini Pertamina ditendang Morgan Indeks dari kategori perusahaan yang aman bagi investor. Ini akan menjadi pukulan telak bagi Pertamina dihadapan komunitas internasional. Kejadian ini bisa menurunkan peringkat utang dan investasi Pertamina makin dalam," kata Salamuddin Daeng di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Meski Pertamina telah mengeluarkan alasan bahwa kilang balongan tersambar petir, dan investigasi Polri menyatakan juga tersambar petir, namun hal ini menghadirkan pertanyaan lain yang jauh lebih penting.

"Bagaimana peralatan penangkal petir Pertamina?, Mengapa peralatan penangkal petir  begitu rendah kemampuannya menangkal petir?, Bagaimana jika petir itu terjadi lagi, apakah kilang akan kebakaran lagi? Selain itu akan menghadirkan gugatan lain yakni mengapa mereka pertamina membangun kilang di lokasi petir, dan apakah kemungkinan terjadi korupsi dalam pengadaan alat penangkal petir. Seabrek Pertanyaan yang bisa jadi akan berujung pidana," ujarnya.

Sementara itu, Mantan anggota DPR Inas N Zubir menyatakan, bahwa Oil storage tersambar petir mungkin saja bisa terjadi, seperti hal-nya juga pesawat terbang yang bisa tersambar petir. Persoalan nya adalah pesawat terbang selain body-nya terbuat dari alumunium dan serat karbon, juga dilengkapi peralatan penangkal petir yang sangat memadai sehingga kecelakaan akibat tersambar petir boleh dibilang sangat jarang sekali.

"Untuk oil storage pun juga ada teknologi dan peralatan penangkal petir yang sangat mumpini, sehingga sangat jarang juga oil storage di dunia yang tersambar petir. Nah! Kalau kebakaran oil storage di kilang Balongan disebabkan oleh petir, maka bisa jadi teknologi maupun peralatan penangkal petir-nya yang salah!," katanya.(Redaksi2/RRO.CO.ID)