Skip to main content
x

Rizal Ramli Dukung dan Sambut Baik Aksi Doa NU Khitah 1926 agar pandemi Covid Hilang dari Indonesia

KONFRONTASI- Tokoh nasional Rizal Ramli (RR) menyambut baik dan mendukung langkah NU Khitah 1926 yang melakukan aksi doa bersama agar pandemi Covid  hilang dari bangsa Indonesia. '' Mari kita berdoa bersama agar Covid dihilangkan dari bangsa kita,'' kata RR atau Gus Romli biasa dipanggil begitu kalangan nahdliyin, mensitir pernyataan KH Agus Solachul  Aam Wahib Wahab cs dari  NU Khittah 1926

Terkait dengan wabah, ada sebuah doa yang populer di kalangan warga NU atau Nahdiyin. Doa ini dipercaya dapat menangkal segala keburukan yang menimpa umat manusia, tak terkecuali virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

Doa tersebut adalah doa Li Khomsatun. Dikutip dari liputan6.com, doa itu pada mulanya berasal dari Imam Abu Hasan Asy-Syadzili. Di Indonesia, doa tersebut sering diamalkan oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

Li khomsatun athfi biha
Aku berharap diselamatkan dari panas derita wabah yang bikin sengsara
Harral-wabail-hatimah
Dengan wasilah derajat luhur lima pribadi mulia yang aku punya
Al-Mushtafa wal-murtadha
Baginda Nabi Muhammad al-Mushtafa SAW, Sayyidina Ali al-Murtadha
Wa abnahuma wa fathimah
Dan kedua putra (Hasan dan Husain) serta Sayyidatina Fathimah az-Zahra binti Rasulillah SAW

Dikutip dari tebuireng.online, cara mengamalkan syair doa Li Khomastun sebagai berikut. Pada saat pertama kali mengamalkannya, doa ini dibaca 41 kali. Berikutnya, setiap selesai melaksanakan salat Magrib dan salat Subuh, doa Li Khomastun dibaca sebanyak 5 kali.

Bagi umat islam, doa menjadi sebuah hal yang sama pentingnya dengan usaha lain. Di tengah pandemi COVID-19, melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak tertular haruslah disertai dengan doa kepada Allah. Bagaimanapun juga, dalam ajaran agama Islam, segala sesuatu terjadi atas ketetapan Allah SWT.