Skip to main content
x

Rizal Ramli Desak Jokowi Mundur: Kinerja Anda Payah Banget!

KONFRONTASI -   Ekonom senior Rizal Ramli meminta presiden Joko Widodo agar turun dari jabatannya. Dia berharap Jokowi sadar diri, bahwa selama kepemimpinannya Indonesia semakin terpuruk.

“Ya memang saya minta Jokowi supaya ngaca. Supaya tahu diri. Karena kinerjanya payah bangat. Kinerja soal ekonomi, sebelum pandemi aja sudah rusak. Kini makin rusak lagi,” kata Rizal Ramli dikutip kanal YouTube Refly Harun, Jumat (24/9/2021).
 
Rizal Ramli mengatakan, selain ekonomi tak ada peningkatan, di rezim Jokowi juga demokrasi semakin mundur. Korupsi tumbuh subur, serta pemerintahan yang cenderung otoriter.

Rizal Ramli: Enam Tahun Lalu Mas Jokowi Super Media Darling, Kata-kata  Kosong Bisa Jadi Headline - Galamedia News

“Dia bukan mengembangkan demokrasi, malah demokrasi jalan mundur. Kita dari dulu kan pro demokrasi. Dia (Jokowi) bikin demokrasi mundur. Kembali lagi KKN, kembali lagi semangat otoriter,” ujarnya.

“Di gagal melawan gerakan anti korupsi. Dia bikin lemah KPK. orang-orang (koruptor) hukumannya makin rendah. Dan sebagainya, didiskon semua” sambung Rizal Ramli.Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini menilai, kesejahteraan rakyat di era Jokowi juga menurun. Jokowi gagal mensejahterakan rakyatnya. Maka itu, Rizal Ramli meminta Jokowi mundur secara baik-baik. Sebab jika tidak, maka semakin lama Jokowi akan tinggalkan beban yang luar biasa.

“Jadi saya minta. Makin lama mas Jokowi di sana, beban rakyat biasa, dan warisan buat siapa pun nanti ini akan kompleks karena meninggalkan beban yang luar bisa,” ujarnya.

“Jadi bukan cuci piring lagi, tapi ini tinggalin bak-bak beracun, nyikatnya pun susah. Jadi lebih baik mundur diri, baik baik kok, kita akan berterimakasih” ucapnya.

Menurutnya, Jokowi jangan berbesar hati dengan banyak dukungan partai koalisi. Sebab belajar dari Sejarah, Soeharto yang begitu kuat, bisa tumbang di tangan rakyat dan mahasiswa.
 
“Harus diingat loh, Pak Harto itu kuat sekali, Gus Dur kuat sekali, nah mohon maaf Pak Jokowi itu gak sekuat Pak Harto maupun Gus Dur. Kalau jatuh itu bisa menyakitkan sekali. Nah itu yang saya gak mau. Apapun saya pernah kenal dia, teman, jadi tahu. Udah lah. wes wes wes… Mas Jokowi wes… cukup sudah, jangan bikin rakyat lebih susah lagi” tutur Rizal Ramli. (Redaksi2/ERAMUSLIM)