Skip to main content
x

Rizal Ramli Bisa Tolong Garuda dengan Syarat. RR punya cara-cara out  of the box.Garuda Indonesia Kalah di Pengadilan Arbitrase London, Menyedihkan

KONFRONTASI- Kabar menyedihkan: "Garuda Indonesia Kalah di Pengadilan Arbitrase." . Mantan Dubes RI untuk Polandia Peter F Gontha menanggapi soal PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang diputus kalah dalam kasus gugatan pembayaran uang sewa pesawat di Pengadilan Arbitrase Internasional London (LCIA).

"Saya sedih Garuda kalah di Pengadilan arbitrage London…. Tidak percaya ….. ini akibatnya," ujar Peter dalam postingan di akun Instagramnya @petergontha, Sabtu, 12 September 2021. Dalam postingan selanjutnya, ia menyebut salah satu penyebab rusaknya tatanan Garuda Indonesia adalah adanya kelompok-kelompok yang bukan Kementerian BUMN, di dalam perseroan yang terlalu berkuasa.  Mantan komisaris Garuda, perusahaan pelat merah itu, juga menyebut kelompok-kelompok itu yang pada akhirnya menggerogoti perseroan. "Dan terus menerus menyandera perusahaan untuk kepentingannya sendiri," kata Peter Gontha

Peter F. Gontha. DOK/TEMPO/ Zulkarnain
Dalam kaitan ini, tokoh nasional Rizal Ramli (RR) mengungkapkan bahwa Arbitrase Internarnasional bukanlah cara utk memenangkan kasus bisnis international. Pada pertemuan pemenang Nobel Prof. Joseph Stiglitz dengan Rizal Ramli di Jakarta 2007, Stiglitz jelaskan 99% kasus arbitase negara berkembang selalu dikalahkan. Dia sarankan agar arbitrase int’ll jangan dimasukkan ke pasak UU Investasi RI. ''Itulah mengapa ketika Garuda dituntut bangkrut karena gagal bayar utang $1,8 milyar tahun 2000/1, pesawat Garuda diancam disita kreditor kreditor Eropah, RR selamatkan Garuda bukan dgn arbitrase, tapi menggunakan cara-cara out  of the box,'' kata RR, Menko Ekuin Presiden Gus Dur.

"Garuda Indonesia harus diselamatkan. Saya siap dan yakin mampu menyelamatkan Garuda," kata Rizal Ramli seperti dikutip dari akun twitternya, hari Sabtu 12 Juni 2021.

Banyak netizen dan masyarakat warga mendukung & bersuara perlunya DPR-RI & Pemerintah Jokowi  libatkan  RR  untuk menyelamatkan Garuda dan syaratnya menurut  masyarakat/netizen :  sebagai imbal baliknya minta agar Presidential Threshold DIHAPUSKAN menjadi Nol persen sesuai amanat Konstitusi 1945 dan amanah Reformasi 1998..