Skip to main content
x

Polisi Ringkus Pencuri Lima Ton Kelapa Sawit

Konfrontasi - Kerap mencuri sawit di perkebunan PT Darmex Agro Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar, dua pemuda, Andi dan Hendriono akhirnya ditangkap.

Keduanya merupakan warga Dusun hilir RT 001/Rw 001 Sei Daun Selakau Kabupaten Sambas. Kedua tersangka ditangkap dengan Barang Bukti (BB) dua buah truk, lima ton buah sawit dan surat-surat kendaraan yang digunakan.

Kasat Reserse dan Kriminal IPTU Hery Purnomo mengatakan, pelaku pada hari kejadian mencuri Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit milik PT Darmex yang terletak di Divisi III.

"Saat itu staf karyawan PT Darmex melihat ada sekelompok masyarakat memanen selanjutnya buah sawit dilansir keluar dari wilayah PT Darmex dengan pikap kemudian sawit tersebut di angkut menggunakan truk yang rencananya akan dijual ke pabrik Patiware," ungkapnya, Minggu (24/07/2016).

Menurutnya, kedua pelaku sering mencuri buah tandan segar dengan menggunakan kendaraan dan mencuri sawit tidak sedikit.

"Mereka mencuri dengan menggunakan dua truk dengan lima ton sawit, sementara karyawan pabrik mengira mereka adalah petugas pengangkut sawit saat panen," jelasnya.

Ia menambahkan, menurut saksi Yonatas, pelaku pencurian sawit kerap beraksi dengan menggunakan kelengahan petugas perusahaan.

"Para pencuri ini sepertinya tidak ada rasa takut, bahkan nekat mencuri bukan saja malam hari, namun kadang beraksi pada siang hari," tuturnya. (oke/mg)