Skip to main content
x

Pengakuan Jujur Wapres Ma’ruf Amin: Indonesia Dianggap Episentrum Baru Virus Covid

KONFRONTASI - Soal pandemi Covid-19, Wapres Ma’ruf Amin menyebut Indonesia ini sudah mulai dianggap sebagai pusat penyebaran baru (episentrum) Corona.

Selain itu, Wapres Ma’ruf menyebut agar pelaksanaan Idul Adha yang jatuh pada Selasa (20/7) diputuskan untuk dilakukan di rumah.

Hal tersebut ditegaskan dalam pertemuan Wakil Presiden Maruf Amin bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah organisasi Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Syarikat Islam, Minggu malam (18/7).

“Malam ini sepakat untuk membuat pernyataan bersama, sebagai satu ketegasan sikap, bahwasanya untuk Idul Adha kali ini memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jiwa manusia, karena itu supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja,” jelas Maruf Amin.

Pun demikian dengan prosesi penyembelihan hewan kurban. Ia meminta kepada masyarakat untuk melakukan penyembelihan di rumah potong hewan.

Setelah itu, pembagian daging hewan kurban juga dibagikan ke rumah-rumah warga.

Selain itu, takbir keliling ditiadakan dan dilakukan secara virtual secara nasional.

“Ini kesepakatan malam ini,” tegasnya.

Menurut Maruf Amin, situasi nasional saat ini tidak memungkinkan untuk menggelar ibadah Idul Adha secara jemaah di rumah ibadah. Sebab pandemi Covid-19 kian mengkhawatirkan.

“Bahkan ada beberapa pendapat yang mengatakan, Indonesia ini sudah mulai dianggap sebagai pusat penyebaran baru, episentrum baru, ya sekarang ini,” tandas Maruf Amin.[pst/ian]