Skip to main content
x

Karena Game Online, Bocah SD Umur 10 Tahun Nekat Curi Perlengkapan Sembahyang di Vihara

Konfrontasi - Polisi menangkap pelajar kelas 4 SD saat asyik bermain game di warnet Jalan Deppasawi Dalam, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bocah tersebut diketahui telah mencuri perlengkapan sembahyang di Vihara Girinaga.

Kepala Unit Reskrim Polsek Makassar, AKP Rahman Ronrong mengatakan, pelaku berinsial D (10) mengakui perbuatannya. Dia mencuri tiga perlengkapan sembahyang pada Sabtu (8/3/2020) lalu.

"Pengurus vihara melapor ke polisi. Kami lalu menangkap pelaku berkat petunjuk rekaman CCTV," kata Rahman kepada wartawan di Kota Makassar, Selasa (10/3/2020).

Dia mengaku, masuk ke dalam vihara saat kondisi sepi, kira-kira Sabtu dini hari. Dia membuka pagar yang tidak terkunci dan mengambil tiga perlengkapan sembahyang yang terbuat dari bahan kuningan.

"Yang kita amankan barang bukti itu sisa dua, yang satu sudah dijual seharga Rp 25.000 kepada penjual bakso yang tidak dikenal. Lalu uangnya dipakai untuk bermain warnet di sekitar rumah," ujar dia.

Polisi akan mengupayakan jalur diversi terkait penanganan kasus pencurian di Vihara Girinaga. Sebab pelakunya anak berusia 10 tahun yang juga pelajar di sekolah SD.

Dalam waktu dekat, kata Rahman, polisi segera berkoordinasi dengan pihak keluarga D dan pelapor. Sekaligus membahas masalah ini dengan pihak Balai Pemasyarakatan (Bapas).

"Umur 10 tahun sesuai undang-undang belum bisa tersentuh hukum. Makanya, kemungkinan besar kita kembalikan ke orang tuanya. Kita selesaikan secara diversi, tapi tentu wajib lapor," katanya. (inws/mg)

NID
176880