Skip to main content
x

Mantan Sopir Gus Dur Doakan Perjuangan Rizal Ramli Dikabulkan Allah SWT

KONFRONTASI-Mantan sopir pribadi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Khoirul Waton, menyambangi kediaman Rizal Ramli (RR) untuk bersilaturahmi, Jumat (30/7)

Wajar, pasalnya kedekatan RR dengan mendiang Gus Dur sudah seperti ayah dan anak.

Dalam kesempatan itu, Khoirul mendoakan agar apa yang diperjuangkan RR dikabulkan oleh Allah SWT.

''Semoga perjuangan Bapak Rizal Ramli dikabulkan oleh Allah SWT, menjadi keberkahan ummat dan diberi kesehatan selalu, dan diberi umur yang barokah. Amiin, Allohuma Amiin. Salam,’’ demikian ungkapan doa yang dipanjatkan seraya diamini oleh RR.

''Alhamdulillah  alhamdulillah alhamdulillah barokah barokah barokah , Ya Alloh ya robbi perjuangan nya Bapak Rizal Ramli yg sama dengan apa di pejuangkan oleh alm KH Abdurrahman Wahid  yg semata mata untuk bangsa indonesia demi kepentingan Umat semua Ya Alloh ya robbi berikanlah keridhohan-Mu,  Ya Alloh ya Robbi kami tahu apa yang di niatkan dalam hati nurani nya Bapak Rizal Ramli yang memperjuangkan hajat umat semua dannbeliau shahabat karibmya alm Kh Abdurrahman Wahid .pada waktu itu alm Kh Abdurrahman Wahid  bercerita didalam mobil  tentang Bapak Rizal Ramli itu orangnya jujur,''  Demikian ungkapan Khoirul Watiaton, mantan Sopirnya alm Kh Abdurrahman Wahid . Salam Khoirul Waton Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan.

rr

 Keperdulian dan keberpihakan tokoh nasional Dr Rizal Ramli (RR) kepada kepentingan rakyat banyak, membuat doa dan dukungan mengalir untuk RR yang banyak di-bully para buzzerRp. RR memuji Jokowi ketika kebijakan dan langkah Jokowi benar, namun tak segan mengoreksi dan mengkritik Jokowi kalau kebijakan dan langkah Presiden itu salah, keliru atau menyimpang.

Diketahui, pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrachman Wahid (Gus Dur) yaitu tahun 1999-2001, produk domestik bruto (PDB) mengalami pertumbuhan signifikan sekaligus suskes menurunkan utang luar negeri.

Ekonom Rizal Ramli pun menceritakan sedikit pengalamannya sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Menko Ekuin) di masa tersebut.

Pada saat itu, ungkap Rizal, stimulus ekonomi hanya menyasar pada golongan menengah ke bawah atau bukan ke korporasi yang merupakan golongan menengah ke atas.

rr

"Salah satu contohnya pada waktu itu yang kami lakukan saat itu, kami menaikkan gaji pegawai negeri sipil, TNI, dan pensiunan sampai 125 persen dalam waktu 21 bulan, belum pernah terjadi sebelumnya. Akibatnya, golongan menengah ke bawah ini punya uang cash 99 persen mereka belanjakan ke sektor retail," ujar RR pada suatu kesempatan.

Pada zaman Presiden Habibie, sambungnya, ada utang Kredit Usaha Tani yang macet Rp26 triliun berhasil diselesaikan dengan cara yang kreatif.

Rizal mengaku mengusulkan kepada Gus Dur untuk menghapuskan utang tersebut. Pasalnya, dia menilai para petani yang terlilit utang tidak akan mampu mengembalikan pinjaman dan penyitaan lahan sawah bukanlah solusi.

"Waktu itu, Presiden Gus Dur tanya uangnya dari mana? Saya jawab aja, itu urusan saya nanti cari duitnya dari mana dan akhirnya beres, petani tidak dikejar-kejar utang dan bisa tetap berproduksi," ujar Rizal.

Untuk diketahui, Analis Pergerakan Kedaulatan Rakyat, Gede Sandra menyampaikan bahwa pada era kepemimpinan Gus Dur, posisi utang luar negeri Indonesia turun US$3,2 miliar per tahun dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) naik 4,2 persen dari yang semula minus 1,7 persen.

"Posisi utang luar negeri (external debt) Indonesia sejak akhir masa kepemimpinan Presiden Suharto terus mengalami kenaikan, terkecuali pada masa Habibie dan Gus Dur yang sempat mengalami penurunan," ujarnya.(mr/bbs)