Skip to main content
x

Analis: Ngabalin Orang yang Tak ber-Etika dan Kasar, Pikirannya cuma Septic Tank

KONFRONTASI- Pernyataan yang dilontarkan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin terhadap ekonom senior, Rizal Ramli (RR) dikecam berbagai pihak. Para analis melihat dan menilai, Ngabalin  yang berkostum Islam itu dipakai istana Jokowi untuk menyerang kaum intelektual kritis.Para analis menilai  pernyataan kasar Ngabalin itu menunjukkan otak Ngabalin yang penuh  isi septic tank.

''Kasar sekali dan keterlaluan banget itu  omongan Ngabalin, komentarnya tentang RR sudah melampaui batas, terkesan isi otaknya cuma septic tank'' kata F Reinhard MA dari Indonesian Research Group.

Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie

Jerry Massie

''Bahasa  septic tank Ngabalin sudah kotor sekali, '' imbuh Muhamad Muntasir Alwy, aktivis LSM  dan sosok muda pesantren NU/nahdliyin,  alumnus Fisipol UGM

Sebelumnya, RR menyebut kalau setiap kali  jurnalis, penulis,  aktivis atau seseorang dipolisikan dengan tudingan berbuat  bohong,  maka  Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun layak dipolisikan karena kerap mengumbar janji bohong terhadap masyarakat.

Tahu akan hal ini, Ngabalin geram hingga membahas mengenai sakit hati hingga menyebut otak RR hanya tersisa septic tank.

Image

Rizal Ramli 

“Kalau yg ini orgnya sangat pendendam karena sakit hatinya dlm banget masuk sampai sum-sum tulang belakang, nafsunya melebihi akal sehat&yg tertinggal dalam otaknya hanya septic tank tunggu wktnya krn sdh bau tanah. Waktu menjabat nggak tahu prestasi apa yg dibuat, akhirnya dipecat OMG,” ujar Ngabalin melalui Twitter pribadinya Senin, 13 September 2021.


Salah satu dari banyak pihak yang mengecam pernyataan Ngabalin terhadap RR ialah Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie.

Jerry dengan tegas balik melabeli Ngabalin sebagai orang yang tak berpendidikan dan tak beretika.

“Saya lihat bahasa bang Ngabalin kayak tak beretika dan punya sopan santun. Kayaknya waktu di kuliah tak belajar etika dan tata krama. Atau hanya banyak belajar tata boga?” ujarnya dalam keterangan, Senin, 13 September 2021.

Selain itu, Jerry mengaku heran dengan posisi dan peranan Ngabalin di KSP.

Sebab, selama ini dia hanya sering tampil ke media dengan gaya komunikasi yang mirip dengan buzzer (pendengung)  dengan bahasa kasar dan brutal..

Sehingga dia menilai Otak Ngabalin dan RR berbeda seperti langit dan bumi

“Nah, bahasa ini seperti gaya para buzzer yang menyerang RR, orang hebat kok di bilang Septic Tank. Otak Nagbalin dan Rizal Ramli beda antara langit dan bumi,” katanya.

 

“Orang kalau cerdas lingiustik verbal bahasa polite (sopan) dan juga santun,” pungkasnya. ***