Skip to main content
x

Enam Orang Penyusup dari China Ditangkap TNI usai Diduga Curi Emas di Papua, Said Didu: Mereka Lagi

KONFRONTASI -   Belum lama ini, enam orang yang diduga warga negara asing dari China ditangkap oleh Prajurit Militer TNI.Keenam WNA China ini diduga telah melakukan pencurian kekayaan alam Papua, tepatnya di Kampung Sewa, Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen.Kejadian dugaan pencurian temas ini berlangsung pada 22 November 2021.

Awalnya, para Prajurit TNI ini tak mengetahui bahwa yang tengah mencuri emas itu adalah WNA China.Namun, ketika para prajurit dari Komando Rayon Militer 1709-03/Warbah, Kodim 1709/Yawa sampai di lokasi, mereka baru mengetahui bahwa para pencuri itu bukan orang Papua, dan bahkan bukan orang Indonesia.

Pelaku yang diduga mencuri kekayaan alam Papua yang ditangkap itu adalah warga asing dari China.Keenam orang tersebut diduga menyusup ke Indonesia dan tidak membawa dokumen persyaratan apapun

Menurut Komandan Kodim 1709/Yawa, Letnan Kolonel Infanteri Leon Pangaribuan, para pelaku bahkan tidak memiliki tanda pengenal atau dokumen resmi apapun dari negara asalnya.Para pelaku ini selanjutnya akan dibawa ke Korem 173/PVB serta akan diserahkan ke Kantor Keimigrasian Biak.

Tertangkapnya enam orang warga China yang diduga mencuri emas di Papua ini ditanggapi oleh Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu.Seakan tak heran lagi, Said Didu mengatakan bahwa lagi-lagi WNA China membuat masalah di Indonesia.

“Mereka lagi,” ujar Said Didu singkat, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari cuitan di akun Twitter pribadinya @msaid_didu.

Cuitan Said Didu.

Cuitan Said Didu. Tangkap layar Twitter @msaid_didu

Sementara itu, keenam orang yang ditangkap oleh prajurit TNI itu kini diketahui bernama Lu Huacheng usia 38 tahun, Lein Feng 37 tahun, Yan Gangping 41 tahun, Ge Junfeng berusia 48 tahun, Tan Lihua berusia 58 tahun, serta Tan Liguo berusia 54 tahun.

Sementara itu, WNA China sendiri beberapa kali menjadi sorotan publik Indonesia.Pasalnya, publik sempay dihebohkan dengan masuknya tenaga kerja asing dari China ke Indonesia saat PPKM diberlakukan.

Tak sedikit yang mengkritik kedatangan para WNA China ini di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai di Indonesia.(Redaksi2/REPELITA)