Skip to main content
x

Demonstrasi Mahasiswa: Demo Aktivis PB- HMI Berlangsung, namun Dihadang Aparat

KONFRONTASI- Para aktivis PB HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) di Jakarta Jumat sore ini berdemo, memprotes kegagalan Jokowi-Maruf  mengatasi pandemi corona dan keterpurukan ekonomi. Mereka meneriakkan yel-yel ''Jokowi-Maruf gagal'', ''Mundur lebih bijaksana'' dan ''tolak PPKM''.

Mahasiswa HMI merupakan kekuatan mahasiswa terbesar di Indonesia, dan bersama Kelompok CIpayung Plus  sudah biasa berdemo mengontrol kekuasaan dengan damai.rr

''HIdup Rakyat, Tolak PPKM, Jokowi-Maruf Gagal,'' teriak para demonstran itu.  Para sejarawan mencatat bahwa  HMI adalah salah satu organisasi kemahaiswaan yang  bersama organisasi mahasiswa, pemuda dan pelajar lainnya, menjadi sekutu TNI-AD pada Gerakan Mahasiswa Angkatan 1966 ketika membubarkan PKI/komunis .

Para analis menilai, Aksi damai itu berjalan tertib, mencetuskan isyarat bahwa gerakan mahasiswa menyala kembali di Jakarta, dan mungkin merembet ke kota kota lainnya.

Demonstrasi HMI itu dihadang aparat brimob/kepolisian. Aksi damai itu kemudian mencapai  titik usai dalam damai,  senjakala/mahgrib   tadi.

rr

(lapoiran jaringan/sumber2)