4 April 2020

Rizal Ramli Ingatkan BI dan Pak Jokowi : ''Walaupun BI Intervensi, Rupiah Tetap Jebol Kecuali didukung Kebijakan Fiskal & Terobosan Sektor Riel''

KONFRONTASI- Tokoh nasional Rizal Ramli (RR) mengingatkan pemerintah Jokowi bahwa ''Walaupun BI sudah intervensi, Rupiah tetap jebol menembus Ro16.000.  Intervensi BI (Bank Indonesia) akan sangat mahal & nyaris sia-sia bagaikan buang garam ke laut, kecuali ada dukungan kebijakan fiskal dan terobosan sektor riel. ''   BI sudah menggelontorkan Rp300 trilyun untuk mempertahan kurs Rupiah, namun terbukti jebol tembus Rp16.000/dolar AS.

''Rp tetap jebol menembus lebih dari Rp16.000.Intervensi BI itu akan sangat mahal & nyaris sia sia  bagaikan buang garam ke laut, kecuali ada dukungan kebijakan fiskal dan terobosan sektor riel,'' imbuh RR, Menko Ekuin era Presiden Gus Dur jebolan ITB dan Boston University AS.

Kondisi perekonomian Indonesia  kini tengah carut marut. Di tengah wabah Covid-19, laju nilai tukar rupiah secara meyakinkan anjlok dalam beberapa pekan terakhir dan telah menembus angka lebih dari Rp 16.500 per dolar AS, lebih parah ketimbang saat reformasi 1998.

Utang Indonesia juga membengkak. Tercatat per Februari 2020, utang Indonesia sebesar Rp 4.948,18 triliun. Di satu sisi, tidak ada kerja tim ekonomi yang efeknya terasa bagi pemulihan ekonomi. Bahkan di periode kedua, Presiden Joko Widodo masih konsisten menyalahkan faktor eksternal, seperti perang dagang Amerika Serikat dan China serta dampak corona sebagai alasan ekonomi lesu. Sementara di internal, pemerintahan Jokowi tidak melakukan terobosan berarti. Laju ekonomi yang berada di angka 4 persen pada penghujung tahun 2019 diprediksi akan semakin nyungsep di tahun ini.

Image result for RR hariman

Atas alasan itu semua, para aktivis dari Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) via Adamsyah Wahab menilai Indonesia butuh pergantian pemimpin. Dibutuhkan pemimpin yang mampu membuat Indonesia bangkit dengan berbagai terobosan yang dimiliki. Salah satu nama yang disodorkan adalah Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), DR. Rizal Ramli.

 “Bang Rizal Ramli dengan segala hormat. Saatnya Bang RR pimpin Indonesia yang mandiri. Pimpin kami Bang!” kata Adam Wahab dari Prodem. (berbagai sumber)

 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...