4 April 2020

Pemprov DKI Siapkan Puluhan Ambulan Gratis untuk Antar Pasien Corona

KONFRONTASI-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan ambulans khusus yang akan dioperasikan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Unit Ambulance Gawat Darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Iwan Setiawan menjelaskan, DKI Jakarta memiliki ambulans gawat darurat (AGD) khusus infeksi sebanyak 5 unit.

"Perbedaan ambulans infeksi salah satunya ada pembatas antara ruang penumpang dengan petugas, ada penyedot udara. Sementara untuk peralatan gawat darurat sama," ujarnya saat dihubungi wartawan, Rabu (25/3).

Dengan begitu, total ambulans yang dimiliki Pemprov DKI berjumlah 64 unit ambulans biasa dan 5 ambulans khusus infeksi yang disiagakan melayani pasien 24 jam ke rumah sakit rujukan.

Untuk pasien yang ingin mendapatkan layanan ambulans, dapat menghubungi call center 112 atau 119.

"Untuk pasien sebetulnya kami punya standar respons kurang dari 30 menit, namun saat ini semua tergantung situasi dan kondisi di rumah sakit rujukan," terangnya.

"Oleh karena itu kamu imbau ke masyarakat kalau statusnya masih ODP (orang dalam pemantauan) atau kondisi stabil sebaiknya isolasi mandiri di rumah, kalau pun butuh ambulans silakan menghubungi call center, layanan AGD Dinkes gratis untuk yang ber-KTP DKI," pungkas Iwan.(mr/rm)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...