1 April 2020

Roma Butuh Nainggolan Musim Depan

Konfrontasi - Di tengah negosiasi separuh kepemilikannya yang belum tuntas, gelandang AS Roma Radja Nainggolan mendapatkan pujian besar. Sang pelatih, Rudi Garcia, menyebutnya sebagai sosok yang bakal sangat diandalkan musim depan.

Nainggolan kini sedang berada di tengah negosiasi alot antara Roma dan Cagliari, dua klub yang memilikinya saat ini. Roma berupaya menebus separuh kepemilikan yang dipegang Cagliari, namun tak kunjung mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Nainggolan pribadi sejauh ini tak menunjukkan niat meninggalkan Roma. Namun negosiasi yang tak kunjung usai plus penampilan apiknya musim lalu, membuatnya disebut-sebut juga jadi incaran sejumlah klub. Kabarnya tim-tim dari Premier League seperti Liverpool dan Manchester United sempat memantaunya.

Bagi Roma, Nainggolan adalah salah satu pilar penting tim. Gelandang internasional Belgia itu jadi salah satu penampil terbaik di musim 2014/2015 kemarin. Tampil di 35 laga Serie A, dia mencetak lima gol dan dua assist.

"Dia berusia 27 tahun tapi banyak orang baru mencari tahu tentangnya sekarang. Dia masih bisa melakukan lebih banyak lagi. Dia adalah pemain yang benar-benar kami andalkan untuk musim depan," ujar Garcia kepada France Football dikutip Football Italia.

"Dalam hal pressing dan mengambil bola dari lawan, hanya ada sedikit yang sepertinya. Dia sangat tangguh dalam melakukan tekel dan punya kemampuan memenangi bola kemudian segera melakukan tekanan."

"Dia punya tenaga yang fenomenal dan itu membuatnya bisa memulai lagi dengan cepat ketika memenangi penguasaan bola. Dia selalu memberikan intensitas yang besar. Dia merupakan kekuatan alam yang sesungguhnya, dengan karakter hebat dan mentalitas pemenang. Dia seorang pemimpin," imbuhnya.

Garcia menilai Nainggolan adalah pemain lengkap, bisa ditempatkan di berbagai posisi di lini tengah. Tapi yang membuatnya makin tak mau kehilangan pemain berdarah batak itu adalah, karena dengan Nainggolan dan Daniele De Rossi di depan empat bek, dia punya pasangan gelandang terbaik.

"Benar bahwa Belgia terkadang menempatkannya di depan lini pertahanan dan jelas dia punya kualitas yang dibutuhkan untuk bermain di sana. Tapi intinya adalah, kita bicara soal pemain yang lengkap. Dia bisa bermain di manapun di tengah," kata Garcia.

"Dia bermain seperti Marco Verratti untuk Paris Saint-Germain atau (Arturo) Vidal untuk Juventus. Dia bermain box to box, seorang pemain yang tahu kapan menyerang dan luar biasa fit."

"Jika Anda memberikannya pasangan di depan lini pertahanan, dengan seorang pemain yang lebih lambat tapi lebih rileks seperti De Rossi, Anda mendapatkan pasangan yang sempurna," demikian dia. (mg/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...