6 April 2020

Novel 'American Dirt' Dikecam, Penerbit Buka Suara

KONFRONTASI-Novel 'American Dirt' karya Jeanine Cummins menuai kontroversi di Amerika Serikat. Baru beberapa hari rilis, bukunya dikecam masyarakat termasuk penulis Latin.

Penulis Meksiko-AS, David Bowles, menyebut novel itu sebagai melodrama trauma yang berbahaya, tak pantas, dan tak akurat. Penulis Latin lainnya menyebut 'American Dirt' penuh dengan stereotip.

"Para penulis Latin keberatan dengan novel karya Cummins yang di masa lalu diidentifikasi sebagai 'putih'," ujar Direktur Perpustakaan Umum McAllen, yang berada di perbatasan AS-Meksiko, Kate Horan, dilansir dari Guardian.

Ia mengatakan ada banyak data yang tak akurat di dalam novel tersebut.

"Novelnya memanfaatkan stereotip yang menyakitkan dan menceritakan penderitaan manusia," katanya.

Usai rilis, Oprah Winfrey memasukkan novel 'American Dirt' sebagai salah satu daftar bacaan bulan ini. Oprah pun mendapat kecaman karena mempromosikannya, sama halnya dengan Salma Hayek dan Stephen King.

Penerbit Buka Suara

Ketika novel 'American Dirt' rilis pekan lalu, karya Jeanine Cummins dikritik keras. Penerbit Flatiron Books pun buka suara mengenai novel tersebut.

Dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari LA Times, pihak penerbit mengatakan novelnya berusaha menghasilkan empati bagi para migran.

"Kami dengan cermat mendengarkan percakapan yang terjadi di sekitar novel," kata Jeanine Cummins, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, novel 'American Dirt' mengajukan pertanyaan. "Seberapa jauh seorang ibu akan pergi untuk melindungi putranya." Karya tersebut berusaha berempati dengan sesama manusia yang berjuang untuk menemukan keselamatan di dunia yang tidak aman.

'American Dirt' ditulis dari sudut pandang seorang ibu bernama Lydia. Ia dan putranya yang berusia 8 tahun, Luca, melakukan pelarian berbahaya dari rumah mereka di Acapulco, Meksiko, setelah kartel narkoba membunuh anggota keluarganya.

Terlepas dari narasi polarisasi, para kritikus juga mengatakan novelnya penuh dengan stereotip ofensif. Sejumlah seleb Hollywood turut mendukung dan memuji 'American Dirt'.

Mereka adalah Oprah Winfrey, Salma Hayek sampai bintang serial televisi 'Jane the Virgin', Gina Rodriguez.[mr/dtk]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...