6 April 2020

OJK Stop Persaingan Kotor Bunga Deposito Antar Bank

Konfrontasi – Kebijakan beberapa memberikan bunga deposito di atas ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdampak buruk. OJK menilai bank-bank terkait melanggar aturan dan harus dihentikan.

OJK resmi mengeluarkan aturan pembatasan suku bunga deposito maksimal 8 persen per tahun.Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon menilai persaingan antar bank menyebabkan tingkat bunga deposito mencapai 11 persen. Kondisi ini dapat merugikan bank dan bangkrut. Dia berharap pengelola bank menahan diri karena kondisi likuiditas perbankan Indonesia aman dan jangan dirusak oleh perebutan dana pihak ketiga (DPK) dengan cara menawarkan bunga deposito tinggi.

"Kondisi likuditas perbankan saat ini masih dalam kondisi wajar, jangan sampai ada persepsi yang mengatakan bahwa perbankan kita kekurangan likuiditas," pesan Nelson, Selasa (30/9).

Perlu dicatat, bunga deposito berdampak pada kenaikan biaya dana atau Cost of Fund bank. Masalah bunga deposito bisa menghambat kredit dan ekonomi negara. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...