Skip to main content
x

Berikut Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata Selain Vitamin A dan Wortel

Konfrontasi - Mata membutuhkan vitamin untuk menjaga kemampuan penglihatan yang baik. Jika tidak mendapatkan cukup vitamin seperti vitamin A dan B12, Anda mungkin berisiko mengembangkan penyakit mata.

Dalam banyak kasus, asupan buah dan sayuran seimbang sudah cukup untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi jika menderita penyakit mata serius tertentu, Anda mungkin juga perlu mengonsumsi suplemen vitamin.

Dilansir Insider, berikut 3 vitamin terpenting yang Anda butuhkan untuk menjaga ketajaman penglihatan:

1. Vitamin A

Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin ini sangat bagus untuk mata.

"Kita semua pernah mendengar bahwa wortel baik untuk mata. Ini sebagian karena wortel memiliki tingkat vitamin A yang tinggi," kata Sunir J. Garg, MD, seorang dokter mata dan profesor oftalmologi di Universitas Thomas Jefferson.

Vitamin A penting untuk kornea dan retina, kata Garg. Jenis vitamin ini menghasilkan pigmen yang memungkinkan retina bekerja dengan baik.

Selain wortel, ubi, labu, keju cottage, dan telur, adalah makanan yang kaya vitamin A.

Ilustrasi mata sehat (Shutterstock)

2. Vitamin B

Vitamin B, seperti B6, B12, dan asam folat, dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dengan mencegah degenerasi makula akibat usia (AMD), suatu kondisi di mana retina memburuk dari waktu ke waktu, menyebabkan penglihatan kabur.

Sebab, vitamin B mengurangi kadar homosistein dalam darah asam yang dapat memengaruhi arteri retina dan merupakan faktor risiko AMD.

Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan masalah pada saraf optik, jaringan yang bertanggung jawab untuk mengambil gambar dari mata ke otak. Pada kasus defisiensi berat, dapat menyebabkan penglihatan berkurang atau titik buta.

Kacang-kacangan, ayam, kedelai, bayam, dan jeruk mengandung B6 yang sangat tinggi.

3. Vitamin C

"Vitamin C dan E adalah antioksidan kuat. Karena itu, mereka dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena katarak," kata Garg.

Katarak, area keruh yang berada di lensa mata, adalah salah penyebab umum mengapa penglihatan yang memburuk seiring bertambahnya usia.

Antioksidan membantu melindungi dari radikal bebas yang dapat menyebabkan perubahan pada lensa mata, penyebab tampilan keruh yang mengganggu penglihatan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 140 mg vitamin C per hari dapat menurunkan risiko katarak.

Paprika jenis bell pepper, stroberi, jeruk, brokoli, dan bayam adalah makanan yang kaya vitamin C. (swr/mg)

NID
187107