Skip to main content
x

Barcelona 2-0 Inter Milan, Blaugrana Lebih Kolektif Tanpa Lionel Messi

KONFRONTASI -  Tidak ada Lionel Messi di Barcelona karena cedera? Tidak masalah. Blaugrana tetap kuat dan ini tercermin dari kemenangan 2-0 melawan Inter Milan di Camp Nou, pada lanjutan laga ketiga grup B Liga Champions.

Ernesto Valverde secara mengejutkan menurunkan Rafinha, mantan pemain yang dipinjamkan ke Inter musim lalu, sebagai pengganti Messi dalam formasi 4-3-3, meski faktanya ada Malcom dan Ousmane Dembele di bangku cadangan.

Taktik itu merupakan kejutan dari Valverde karena memang tidak diduga sebelumnya, apalagi dengan adanya Dembele dan Malcom yang notabene penyerang sayap asli ketimbang Rafinha, yang berposisi sebagai gelandang.

Akan tapi pilihan Valverde tidak salah. Rafinha cukup mengancam gawang Inter yang dijaga Samir Handanovic melalui pergerakannya yang tidak terduga - bisa sewaktu-waktu ada di kotak penalti Inter.

Hasilnya, Rafinha membobol gawang Inter di menit 32 kala menyambar umpan silang terukur dari Luis Suarez. Inter tertinggal 0-1 dan tidak bisa berbuat banyak di paruh pertama karena Barca benar-benar mendominasi permainan.

Ancaman dari Inter ke pertahanan Barca hanya hadir melalui pergerakan dan kualitas Mauro Icardi sebagai penyerang top Eropa. Sayangnya, ia hanya berjuang sendirian dan tidak terlalu merepotkan Marc Andre ter Stegen. Skor 1-0 untuk Barca bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Luciano Spalletti coba mengubah gaya main timnya dengan memasukkan Matteo Politano, Lautaro Martinez, dan Keita Balde Diao. Inter juga lebih aktif menyerang dengan meningkatnya intensitas serangan mereka.

La Beneamata menciptakan peluang, namun, tidak terlalu berbahaya dan masih dapat diantisipasi lini belakang serta kiper Barca. Malah, tuan rumah semakin mengancam melalui serangan balik.

Benar saja, Barca memanfaatkan rasa frustrasi yang dirasakan Inter dan 'membunuh laga' dengan gol kemenangan yang dicetak Jordi Alba di menit 83. Ia melakukan overlap sampai ke area 16 meter Inter dan melepaskan tendangan yang tidak mampu diantisipasi Handanovic. Kedudukan 2-0 bagi Barca dan terus bertahan hingga laga bubar.

Berkat kemenangan itu, Barca menyapu bersih tiga laga dengan tiga poin dan total meraih sembilan poin. Mereka duduk di puncak klasemen grup B, diikuti Inter dengan raihan enam poin, barulah di bawah mereka Tottenham Hotspur dan PSV Eindhoven yang sama-sama baru meraih satu poin.

Susunan Pemain:

FC Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arthur Melo (Arturo Vidal 77’), Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Philippe Coutinho (Munir El Haddadi 87’), Luis Suarez, Rafinha Alcantara (Nelson Semedo 71’)

Inter Milan (4-2-3-1): Samir Handanovic; Kwadwo Asamoah, Miranda, Milan Skriniar, Danilo D’Ambrosio; Marcelo Brozovic, Matias Vecino, Ivan Perisic (Keita Balde Diao 76’), Borja Valero (Lautaro Martinez 63’), Antonio Candreva (Matteo Politano 46’); Mauro Icardi.(jft/BOLASKOR)

NID
184009