Skip to main content
x

Banjir Rendam 3 Kecamatan di Gorontalo, Ribuan Jiwa Terdampak

KONFRONTASI-Banjir di wilayah Provinsi Gorontalo mengakibatkan ratusan rumah warga terendam. Setidaknya, ada tiga kecamatan di wilayah administratif Kabupaten Bone Bolango tenggelam.

"Ada 277 unit rumah terendam akibat banjir. Wilayah yang terendam yakni Desa Tuloa, Desa Desa Kopi, Desa Bendungan di Kecamatan Bulango Utara, Desa Ayola Telango di Kecamatan Bulango Selatan, dan Desa Oata di Kecamatan Bulango Ulu," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Jumat (5/11).

Secara rinci, data BPBD Kabupaten Bone Bolango per Jumat (5/11) pukul 08.15 WIB menyebutkan, terdapat 368 kepala keluarga atau 1.231 jiwa terdampak banjir. Ketinggian muka air pada saat terjadi banjir berkisar antara 30 sentimeter sampai 150 sentimeter.

Saat ini, banjir sudah mulai surut. BPBD Kabupaten Bone Bolango pun kini disibukkan dengan melakukan distribusi logistik bagi para warga yang terdampak menggunakan moda transportasi roda dua maupun roda empat.

Selain itu, koordinasi dengan pemerintah setempat juga terus dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir susulan mengingat potensi curah hujan yang tidak menentu.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Bone Bolango masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan dapat disertai petir hingga Minggu mendatang (7/11).