Skip to main content
x

Apple Lengkapi Macbook Pro Terbaru dengan Chipset M1 Pro dan M1 Max

KONFRONTASI-Apple pada Senin (18/10) waktu setempat memperkenalkan dua model MacBook Pro baru yang didukung dengan performa chip internal yang lebih kuat, yakni M1 Pro dan M1 Max.

MacBook Pro tersedia dalam model 14 dan 16 inci, menjanjikan kinerja pemrosesan, grafik, dan pembelajaran mesin (ML) yang inovatif baik itu saat baterai terpasang atau saat pengisian daya, serta masa pakai baterai yang luar biasa.

“Kami memperkenalkan notebook pro terbaik di dunia, dan hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan MacBook Pro yang serba baru dengan M1 Pro dan M1 Max—kombinasi yang dapat meningkatkan kinerja, masa pakai baterai yang tak tertandingi, dan fitur-fitur inovatif,” kata Wakil Presiden Senior Apple untuk Pemasaran Seluruh Dunia, Greg Joswiak, dikutip dari siaran pers pada Selasa.

M1 Pro dan M1 Max diklaim mampu memberikan kinerja prosesor (CPU) hingga 70 persen lebih cepat daripada pendahulunya, yakni M1. Chip M1 diumumkan Apple pada tahun lalu dan telah digunakan pada MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, Mac Mini, iPad Pro, dan iMac 2021.

Selain itu, pengolah grafis (GPU) pada M1 Pro diklaim dua kali lebih cepat dari M1, sementara M1 Max empat kali lebih cepat dari M1. Peningkatan performa ini didesain untuk pengguna profesional seperti developer, fotografer, pembuat film, 3D artists, dan sebagainya.

M1 Pro menawarkan bandwidth memori hingga 200GB/detik dengan dukungan RAM hingga 32GB. Sementara M1 Max menghadirkan bandwidth memori hingga 400GB/detik atau dua kali lipat dari M1 Pro serta hampir enam kali lipat dari M1 dengan dukungan RAM hingga 64GB.

M1 Pro dan M1 Max sejauh ini merupakan chip paling kuat yang pernah dibuat Apple.

“M1 telah mengubah sistem kami yang paling populer dengan kinerja luar biasa, teknologi khusus, dan efisiensi daya terdepan di industri. Tidak ada yang pernah menerapkan desain system-on-a-chip (SoC) ke sistem pro hingga hari ini dengan M1 Pro dan M1 Max,” kata Wakil Presiden Senior untuk Teknologi Perangkat Keras Apple, Johny Srouji.

MacBook Pro baru juga dilengkapi layar Liquid Retina XDR yang memukau, berbagai port untuk konektivitas canggih, kamera FaceTime HD 1080p, dan sistem audio terbaik di notebook.

Daya baterai pada model 14-inci mampu bertahan hingga 17 jam untuk pemutaran video dan 11 jam penjelajahan web nirkabel. Sedangkan model 16-inci bertahan hingga 21 jam pemutaran video dan 14 jam penjelajahan web nirkabel.

MacBook Pro 14 dan 16 inci hadir dengan macOS Monterey, versi terbaru dari sistem operasi desktop. Kombinasi macOS Monterey dan M1 Pro dan M1 Max memberikan terobosan pengalaman baru bagi pengguna.

MacBook Pro baru bergabung dengan MacBook Pro 13 inci dengan M1 untuk membentuk jajaran notebook pro yang telah ada.

MacBook Pro 14-inci dipatok seharga mulai dari 1.999 dolar AS (sekitar Rp28 juta) dan model 16 inci mulai dari 2.499 dolar AS (sekitar Rp35 juta). Pelanggan dapat memesan model MacBook Pro 14 dan 16 inci baru mulai Senin (18/19) dan akan tersedia mulai Selasa (26/10) pekan depan.(mr/tar)