19 November 2018

Tahun Ini Airnav Indonesia Pastikan Lima Kloter Haji Terbang dari Bandara Kertajati

KONFRONTASI -  

 Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia akan melayani lima kelompok terbang (kloter) calon haji dari Bandara Kertajati, Majalengka.

"Untuk penerbangan haji, sudah dipastikan lima kloter dari Kertajati dengan maskapai Garuda Indonesia untuk embarkasi Arab Saudi," kata Direktur Utama Airnav Novie Riyanto di Jakarta, Rabu 23 Mei 2018.

Novie Riyanto mengatakan, menara dan pengendali lalu lintas udara di Bandara Kertajati sudah siap.

"Khususnya navigasi Kertajati, kami siap untuk menaranya, alat komunikasi pendaratan siap, juga personelnya. Kami siap," katanya.

Terkait status operasi sementara Bandara Kertajati yang hanya dijadikan bandara pengumpan ke Bandara Soekarno-Hatta dan belum bisa melayani penerbangan langsung ke Arab Saudi, Novie Riyanto masih menunggu informasi tersebut, tetapi dia siap untuk setiap penugasan pelayanan navigasi udara.

"Apa pun penerbangannya, kami siap. Slotnya nanti menyesuaikan," katanya seperti dilaporkan Antara.

Ditemui terpisah, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury memastikan adanya penerbangan haji dari Bandara Kertajati tahun ini.

Akan tetapi, dia masih menunggu konfirmasi dari Kementerian Agama sebagai pihak penyelenggara haji.

"Kami menunggu bagaimana Kemenag, tapi kemungkinan besar akan terjadi dari sisi operasional," katanya.

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Bandara Kertajati bisa digunakan untuk operasional penerbangan haji tahun ini.

Bahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap bandara yang mampu menampung 5,6 juta penumpang itu bisa melayani penerbangan mudik ke lima kota besar di tahun ini juga.

Akan tetapi, berdasarkan rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsa Panjaitan, Budi mengatakan, bandara yang berdiri di atas lahan 1.800 hektare itu baru bisa melayani embarkasi antara. Artinya, penumpang harus transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.(Jft/PR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...