20 March 2019

Sultan Tidore Menunggu Rizal Ramli Berkunjung ke Maluku Utara

KONFRONTASI- Mendengar Maluku Utara, yakni Morotai menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan pariwisata, Sultan Tidore Husain Syah pun menyampaikan apresiasi. Program ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya besutan Rizal Ramli.

“Selaku putra daerah dan pemangku adat di Tidore, kami sangat bahagia. Kami menyambut baik serta membuka diri akan program tersebut,” ungkap Sultan Tidore Husain Syah saat ditemui Kedaipena.com di Jakarta, belum lama ini.

Husain Syah pun menunggu kehadiran Rizal Ramli di Tidore, Maluku Utara. Ini dilakukan agar Menko Rizal tahu bahwa ada sisi lain Indonesia yang bagitu cantik.

“Beliau (Menko RR) orang Indonesia asli, cinta dan mau Indonesia maju. Oleh itu datang dan lihat kami yang ada di belahan timur Indonesia. Kedatangan beliau akan memberi spirit bagi anak bangsa yang ada di Tidore. Kehadiran RR kami harapkan, dengan apa yang kami punya akan kami sambut kami berikan penghargaan serta penghormatan yang selayaknya,” tandas dia.

Husain kemudian menceritakan nama dari Maluku Kie Raha, yang dahulu dikenal. “Kie” artinya Kesultanan atau Negara. sedangkan “Raha” sendiri berarti Empat. Jadi, Maluku Kie Raha artinya Maluku terdiri dari empat kerajaan besar yaitu, Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan.

“Kalau melihat sejarah, kita jauh lebih tua dari republik ini. Jadi, bisa dikatakan orang Maluku Utara sekolah atau tidak sekolah sudah tahu cara mengelelola pemerintahaan. Karena itu sudah gen (keturunan/turun temurun). Dan, ini merupakan fakta sejarah yang tidak terbantahkan,” jelasnya.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...