24 August 2019

Suara Kritis Seniman Ratna Sarumpaet di Acara Indonesia Lawyers Club

KONFRONTASI -  Seniman Ratna Sarumpaet, Ingatkan Penyelenggara Negara Republik Indonesia akan kondisi Gawat yang sedang melilit saat ini. Ia menyarankan untuk menonton film “2014”, dimana para penyelenggara Negara bisa berkaca,bagaimana keadaan rakyat Indonesia dewasa ini”. Ratna Sarumpaet menyatakan keprihatinannya terhadap negeri ini dan pada saat tampil di acara Indonesia Lawyers Club beliau menyuruh para pemimpin kita untuk menyaksikan Film 2014.

 

Ratna Sarumpaet (lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, 16 Juli 1949; umur 68 tahun) adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial dengan mendirikan Ratna Sarumpaet Crisis Centre. Ratna terkenal dengan pementasan monolog Marsinah Menggugat, yang banyak dicekal di sejumlah daerah pada era administrasi Orde baru.

 

 

 

 

Keberpihakannya pada orang-orang kecil dan marginal menjadi tema setiap karya yang dilahirkannya yang mengupas secara terbuka masalah-masalah kemanusiaan, kebenaran dan keadilan serta mempertanyakannya secara frontal ke hadapan pemerintah. Dalam lima belas tahun terakhir, di tengah kesibukannya sebagai aktivis HAM dan kemanusiaan, Ratna telah menghasilkan sembilan naskah drama, yang membuatnya dikenal dalam bidangnya. Seluruh naskah itu ditulis untuk memprotes adanya tindak ketidakadilan dalam pemerintahan yang cenderung menindas kaum kecil dan kelompok minoritas. Semua naskah diatas disutradarainya sendiri dan diproduksi / dipentaskan kelompok drama Satu Merah Panggung, yang didirikannya 1974  Lihat videonya di sini: 1. https://www.youtube.com/watch?v=_OYoIqxUmBA . 2. https://www.youtube.com/watch?v=Gv0waCTxeho(KONF/TVONE)

 

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...