21 May 2019

Selamat Kepada Bu Susi! - Di Hari Pahlawan Raih Gelar Doctor Honris Causa dari Kota Pahlawan

KONFRONTASI -  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Jumat (10/11/2017), dianugerahi gelar doktor honoris causa oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Penganugerahan itu bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan sekaligus puncak peringatan Dies Natalis ke-57 ITS.

Rektor ITS, Joni Hermana mengatakan, Menteri Susi adalah orang ketiga yang diberi gelar honoris causa dari ITS.

"Kita tidak mudah memberi gelar honoris causa kepada seseorang. Sejak berdiri tahun 60, baru tiga orang yang diberi gelar kehormatan ini," jelasnya.

Gelar honoris causa pertama ITS, kata dia, diberikan kepada Doktor Hermawan Kertajaya pada 2010. Dia dianggap memiliki kontribusi di bidang ilmu pemasaran.

Pada 2015, gelar yang sama diberikan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Risma dinilai memiliki kontribusi besar dalam dunia pembangunan tata kota selama menjabat sebagai wali kota Surabaya.

Kali ini, gelar honoris causa diberikan kepada Menteri Susi. Menteri Susi disebut berhasil membangun sektor kelautan dan perikanan Indonesia saat menjabat menteri.

"Sektor maritim tidak hanya disentuh dari sisi teknis, tapi secara berkesiambungan, ini yang penting," jelas Joni.

Kajian penganugerahan gelar doktor honoris causa untuk Menteri Susi dimulai sejak 2016.

"Pengkajian pemberian gelar doktor honoris causa untuk Menteri Susi memakan waktu cukup lama serta melalui prosedur ketat," tambahnya.

Bagi menteri Susi, gelar doktor honoris causa ini adalah yang kedua kalinya dia dapatkan. Pada Desember 2016 lalu, dia juga pernah memperoleh gelar yang sama dari Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara penganugerahan tersebut sejumlah pejabat daerah dan pejabat pusat, dan tokoh masyarakat seperti Dirjen Dikti, Patdono Suwignyo, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.(KONF/KCM)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...