16 December 2017

Sedikit Banyak Ahok Tiru Daendels, Pelopor Kekejaman Masa Penjajahan

KONFRONTASI -  Pernahkah kamu mendengar tentang Herman Willem Daendels? Dia adalah pelopor kerja rodi yang pernah terjadi pada masa penjajahan Indonesia. Lalu, bagaimana Daendels bisa sampai memerintah di Indonesia?

Setelah mengetahui bahwa Inggris telah mengambil kedudukan di wilayah jajahan Belanda, pemerintahan Pernacis dan Republik Baataf tidak terima. Tahukah kamu siapa itu Republik Bataaf? Republik Bataaf adalah sekelompok orang yang menggunakan semboyan revolusi perancis dan menuntut kepada pihak Belanda buat membentuk sebuah negara kesatuan. Pada saat itu, kebijakan Perancis yang paling wajib adalah memerangi dan memusuhi Inggris. Untuk mempertahankan wilayahnya, Republik Bataaf menunjuk seorang laki-laki yang sangat terkenal sekarang, yaitu Herman Williem Daendels.

Herman Williem Daendels ini dikenal sebagai gubenur Jendral yang memerintah di wilayah kepulauan Indonesia dari tahun 1808 hingga 1811. Sebagai seorang pemimpin, tugas utama Daendels adalah untuk mempertahankan wilayah Jawa agar jangan sampai dikuasai oleh Inggris. Tambahannya, Daendels juga harus memperkuat pertahanan Republik Baataf dan juga memperbaiki sistem administrasi pemerintahan yang ada. Nggak ketinggalan, kehidupan sosial ekonomi di wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa, juga harus diperbaiki.

Daendels adalah seorang anggota dari kaum patriot dan memiliki pikiran yang liberal. Banyak pidatonya mengambil kata-kata dari semboyan Revolusi Perancis. Keinginan Daendels adalah untuk memberikan jiwa kemerdekaan dan juga semangat persaudaraan dan persamaan diantara masyarakat Indonesia.

Rakyat Indonesia menderita ketika masa pemerintahan Daendels. Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, kita harus menjaga kemerdekaan ini agar tidak sampai lepas dari genggaman Indonesia. Apalagi jika mengingat kekejaman yang telah dialami oleh buyut-buyut kita dahulu. Tertarik untuk terus menjaga kemerdekaan negara kita tercinta ini kan? (Juft/  merdeka )

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...