18 November 2019

RR desak Negara Benahi Pertanian Dan Kesehatan Untuk Kesejahteraan Rakyat

KONFRONTASI-Bicara kesejahteraan rakyat Indonesia harus fokus pada petani dan pertanian. Kalau petani sejahtera maka otomatis rakyat lain sejahtera.

Demikian disampaikan ekonom senior Dr. Rizal Ramli saat menjadi keynote speaker pada acara peluncuran buku Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah "Arah Baru Kebijakan Kesejahteraan Indonesia", di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

"Kalau kita ngomong kesejahteraan fokus paling penting adalah petani dan pertanian/pangan," kata mantan Menko Perekonomian ini.

Kalau petani sudah sejahtera, maka mereka akan memiliki daya beli, dan itu berdampak pada pengurangan ketimpangan ekonomi.

"Dan mohon maaf, sampai detik ini Presiden Indonesia yang benar-benar seneng ngomong pertanian baru Pak Harto, setelah itu nyaris enggak ada, hanya peidatonya saja tentang pertanian," ujar RR sapaan akrabnya.

Selain petani dan pertanian, yang harus dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah membenahi bidang kesehatan lewat sistem jaminan sosial nasional. Dari awal BPJS sudah ‘under-funded’ dan iuran korporasi ditekan (di-capped) rendah. ''Sudah waktunya BPJS dibenahi secara komprehensif, bukan sekedar naikkan tarif 100%,'' kata tokoh nasional itu

RR menyayangkan hingga saat ini tidak ada pembenahan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan BPJS Kesehatan.

"Solusi dari Menteri Keuangan terbaik (Sri Mulyani) gampang, yaitu naikiin aja dua kali lipat," sesalnya

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...