14 October 2019

Romo Benny: Kisruh KPK-Polri Bisa Hancurkan Moralitas dan Keadaban Publik

KONFRONTASI-Kompromi politik yang dilakukan Presiden Joko Widodo dinilai tidak menyelesaikan masalah yang terjadi antara KPK dan Polri. Pasalnya, langkah Jokowi tidak menyentuh akar masalah.

"Keputusan Jokowi tidak melantik Komjen Pol Budi Gunawan jadi Kapolri dan menonaktifkan Bambang Widjojanto dan Abraham Samad bentuk kompromi politik yang sifatnya hanya sementara, tetapi tidak menyelesaikan akar masalah sebenarnya," ujar Rohaniawan Romo Benny Susatyo dilansir Beritasatu.com, Rabu (18/2).

Menurut dia, persoalan yang tampak ke publik adalah upaya kriminalisasi KPK. Presiden Jokowi, katanya, sebenarnya harus menyelamatkan KPK dari politik yang memperlemah.

"Harusnya Presiden tegas karena pola kriminalisasi yang begitu kasat mata. Tanpa tindak tegas maka kasus seperti ini akan berulang lagi," katanya.

Rakyat, lanjut Romo Benny, mengharapkan Presiden tegas menegakan moralitas publik. Pasalnya, kisruh KPK dan Polri dapat menyebabkan hilangnya moralitas publik dan keadaban publik.

"Hilangnya keadaban publik dapat menciptakan struktur sosial yang disorder. Tanpa visi kenegarawan pemimpin, negeri ini kehilangan kesempatan memulihkan keadaban publik," tandasnya.[mr/bst]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...