23 October 2019

Rizal Ramli: RI Pecah Kalau Tak Saling Menghargai Perbedaan

KONFRONTASI- Setahun lalu, ketika menjabat Menko Maritim dan Sumber Daya, Dr  Rizal Ramli mengingatkan pentingnya bangsa Indonesia menghargai perbedaan. Kilas balik ini relevan  atas realitas hari ini.

“Bangsa Indonesia akan pecah kalau tidak ada rasa saling menghargai antara suku dan agama,” katanya waktu itu melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Sebelumnya, Jumat (27/5/2016) malam, “Raja Kepret” menghadiri penutupan acara perkemahan pramuka tingkat madrasah yang berlangsung selama dua hari di Perkemahan Liang, Maluku Tengah.

Rizal mengaku terharu dan bangga pada apa yang dilakukan oleh para pramuka madrasah itu.

Pramuka, jelasnya, merupakan penggagas toleransi, sesuatu yang diperlukan di tengah kehidupan bangsa yang makin individualistis dan di tengah makin masifnya gempuran paham neoliberalisme di Tanah Air.

“Menurut beberapa lembaga survei, tingkat toleransi saat ini sangat berkurang, tapi pramuka madrasah mampu menunjukkan toleransi yang baik,” katanya.

Pramuka merupakan tempat untuk mengembangkan toleransi, pengetahuan dan wadah saling menghargai. Pramuka juga tempat melatih untuk mencintai sesama manusia dan lingkungan.

Karena pentingnya kebersamaan, mantan aktivis itu mengutip tiga kalimat bijak dari Maluku di hadapan peserta perkemahan, dan mendapatkan applause.(konfr/Citraind)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...