21 November 2018

Rizal Ramli: Perdagangan Antar-Pulau Kurang Efektif akibat Raja-Raja Kecil

KONFRONTASI-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, perdagangan antar-pulau saat ini masih kurang efektif. Akibatnya, banyak terjadi perbedaan harga dan gangguan suplai.

Hal itu menyoroti masih tingginya harga daging sapi di wilayah DKI Jakarta, padahal pemerintah telah menganggarkan dana cukup besar untuk pengadaan kapal ternak.

Rizal menyatakan, yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah sistem perdagangan yang kompetitif.

"Memang tadi ada laporan perdagangan antar-pulau juga tidak kompetitif. Ada raja-raja kecil lah," kata Rizal di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Harusnya, sambung Rizal, selama perdagangan itu dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak ada hambatan sama sekali.

"Sejauh mungkin kita harus kurangin hambatan perdagangan antar-pulau," kata Rizal.

Sebelumnya, pada November 2015, Presiden Joko Widodo meresmikan Kapal Perintis 750 DWT, kapal khusus pengangkut hewan ternak, di Desa Ujung Piring, Kecamatan Kamal, Selasa (10/11/2015).

Ani Puji Utami, Direktur Utama PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia, selaku perusahaan pembuat kapal, menjelaskan, kapal angkutan ternak yang diresmikan Presiden Jokowi hari itu merupakan (KCM)

 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...