20 November 2019

Rizal Ramli: Pak Jokowi Punya Cita-cita yang Besar, Tapi...

KONFRONTASI-Sejumlah tokoh telah dipanggil Presiden Jokowi untuk bergabung di kabinet, tak terkecuali dengan rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto, yang akan menempati sektor pertahanan.

Terkait hal tersebut, ekonom senior Rizal Ramli mengatakan sosok Prabowo tulus saat mengatakan ingin membantu pemerintahan Jokowi.

“Pada dasarnya Pak Prabowo itu baik hatinya, meskipun imagenya kayaknya galak banget gitu. Tapi dia gentlemen, apa yang dia katakan, itu yang dia kerjakan” ungkapnya dalam tayangan wawancara dengan Tvone, Senin (21/10/2019).

Rizal Ramli juga menyoroti pidato pelantikan Jokowi yang menargetkan penduduk Indonesia pada 2045 memiliki pendapatan 24 juta/bulan. Menurut Rizal, itu lompatan yang sangat tinggi sekali.

“Kami melakukan perhitungan, untuk mencapai hal itu ekonomi Indonesia harus tumbuh 7-8 persen sampai tahun 2045. Ini cita-cita yang sangat besar sekali,” paparnya.

Menurutnya apa yang dicita-citakan Jokowi bukan suatu hal yang mustahil, karena ada negara-negara lain yang mampu mencapai hal itu dalam waktu 20 tahun, seperti Tiongkok dan Jepang misalnya. Tetapi, kata Rizal, cita-cita tersebut akan kandas jika Jokowi masih mengandalkan tim ekonomi yang lama.

“Tapi jika mengandalkan tim ekonomi yang lama, mohon maaf, payah deh,” katanya.

Menurut Rizal, tim ekonomi Jokowi yang lama hanya mampu mematok pertumbuhan ekonomi 5 persen dan tak mungkin mampu mewujudkan cita-cita Jokowi. Pertumbuhan 5 persen terjadi, kata Rizal, karena selama ini tim ekonomi Jokowi hanya menuruti IMF dan Bank Dunia yang menyarankan pengetatan anggaran dan kejar pajak.

“Kalau ekonomi melambat, lalu pajak diuber, terutama yang menengah ke bawah, lalu anggaran dipotong, otomatis ekonomi makin nyungsep. Tiga tahun lalu saya katakan ke Pak Jokowi, mas kalau begini terus, pertumbuhan ekonomi paling mentok 5 persen. Dan ramalan kami itu terjadi” katanya.

 Jadi, kata Rizal, cara-cara memacu pertumbuhan ekonomi yang selama ini digunakan harus diubah ke cara yang lebih inovatif.

Berikut adalah tayangan lengkap wawancara Rizal Ramli yang dikutip dari akun Youtube Tvone:

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...