26 May 2018

Rizal Ramli: Nasionalisme Saat Ini Hanya Sebatas Slogan

KONFRONTASI-Tokoh Nasional sekaligus Ekonom Senior Rizal Ramli menilai rasa nasionalisme sekarang ini hanya sebatas slogan kampanye dan kembang kata.

Menurutnya, nasionalisme sekarang sangat jauh berbeda saat digelorakan oleh para tokoh perjuangan. Sebab rasa nasionalisme sekarang ini hanya sebatas omongan di masa kampanye.

Penilaian Rizal ini dilontarkan saat dirinya mencoba mesin jahit asli yang digunakan oleh Ibu Fatmawati rumah pembuangan Presiden Pertama RI Soekarno di Bengkulu, Minggu (29/4).

"Dulu nasionalisme itu betul-betul nasionalisme yang sungguh-sungguh, hari ini hanya sebagai slogan. Hari ini hanya sebagai alat kampanye kembang kata," ujarnya

Rizal menambahkan rasa nasionalisme kepada tanah air harus dilaksanakan dalam kehidupan nyata, untuk itulah dirinya selalu bertekat agar gelora nasionalisme di zaman dulu dan era milenial sekarang ini masih tetap sama.

"Kami ingin nasionalisme Indonesia betul-betul diterapkan, betul-betul dilaksanakan sehingga bangsa kita bisa jadi bangsa yang hebat," ungkapnya.

"Hari ini ini mesin jahitnya asli Merah Putih dulu dijahit disini oleh Ibu Fatma dan mudah mudahan semangatnya itu tidak hanya slogan dan kembang kata tapi sungguh-sungguh bisa dilaksanakan," sambung Rizal.

Kehadiran Rizal rumah pembuangan Bung Karno di Bengkulu merupakan salah satu agenda lawatan kerja.

Setelah tapak tilas perjuangan Bung Karno dan istri di Bengkulu, Menko Prekonomian era Presiden Gus Dur itu akan mengisi dialog "2019 Presiden Baru" dengan elemen mahasiswa dan pemuda di Kuliner Pangsit, Pantai Panjang, Bengkulu.

Pada sore harinya RR sapaan akrab Rizal melakukan ngopi sore bersama pemilik dan pengelola media Bengkulu di Angkringan, Pantai Panjang. Acara ini difasilitasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). RR merupakan penasehat SMSI.

Agenda terakhir RR akan menyampaikan orasi budaya dan menerima penghargaan Lifetime Achievement Award pada Malam Budaya Manusia Bintang 2018 yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL di Grage Horison Hotel.[mr/rmol]

Category: 
Loading...