17 December 2018

Rizal Ramli Mendapat penghargaan ''Ngofa Tidore'' dari Sultan Tidore Maluku Utara

TIDORE- Tokoh nasional Dr Rizal Ramli memperoleh penghormatan dari Sultan; Tidore. Dalam prosesi ini,Sultan Tidore Husain Syah memberikan gelar ''Ngofa Tidore'' dan memberikan baju adat kesultanan Tidore kepada RR  yang oleh Sultan  disebut sebagai lambang persaudaraan yang kekal bersama masyarakat Tidore Maluku.


Angin pagi lautan Samudera Pasifik seakan menyongsong kedatangan Rizal Ramli yang hadir secara sangat bersahaja dan apa adanya, jauh dari kesan seperti pembesar atau pesohor yang ingin diperlakukan istimewa.

Dalam prosesi di Tidore itu, Rizal Ramli menyampaikan terimakasih yang tulus atas penghargaan dari masyarakat dan Kerajaan Tidore kepadanya. Kedatangan Rizal ke pulau yang pernah menjadi titik sentral kedatangan bangsa-bangsa kolonial Eropa untuk menjarah rempah-rempah ini bukan hanya untuk kembali bersilaturrahim dengan sang sahabat yaitu Sultan Tidore Husain Syah, bukan pula untuk sekedar ikut bersuka cita merayakan HUT ke 910 Kota Tidore, melainkan juga untuk kembali menyuarakan hak-hak rakyat di wilayah Timur Indonesia pada umumnya, dan Tidore khususnya yang selama ini masih terbaikan. Selain untuk mendengarkan suara hati masyarakat Tidore.


Ketika  tiba di Bandara Sutan Babullah, Ternate, Rizal Ramli mendapatkan sambutan spontan dari warga masyarakat yang ada, mulai dari minta berfoto selfie, meminta nomor telepon, hingga curhat secara dadakan mengenai kondisi berbangsa dan bernegara saat ini, terutama berkaitan dengan masalah perekonomian rakyat yang dikeluhkan kian sulit.

 

"Sejak muda saya selalu ingin mengubah Indonesia menjadi lebih baik, terutama terhadap masyarakat di Timur Indonesia, yang alamnya sangat kaya tetapi masih banyak yang hidup dalam kemiskinan," kilah Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur dan Menko Maritim Presiden Jokowi ini.

 

 

Seperti diketahui, saat menjadi Menko banyak hal yang telah dilakukan Rizal Ramli untuk menaikkan harkat kesejahteraan masyarakat. Untuk masyarakat Maluku misalnya Rizal Ramli memperjuangkan agar produksi ladang gas abadi Blok Masela dilakukan di darat supaya memberikan efek kesejahteraan kepada masyarakat, mendorong berdirinya pasar pelelangan ikan kelas dunia, membuat perencanaan pengembangan ekonomi bagi Pulau Morotai.

Rizal juga menaruh penghormatan yang tinggi terhadap Tidore yang berperan sangat penting dalam mendorong kawasan Timur Indonesia bersatu ke dalam NKRI pada saat masa perjuangan kemerdekaan dulu, termasuk mengembangkan konsepsi yang efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan ini. [rus]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...