21 August 2019

Rizal Ramli: Kelakuan Mendag Rugikan Petani

KONFRONTASI-Ekonom senior DR Rizal Ramli menilai kebijakan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, terkait impor bahan pangan telah merugikan masyarakat kecil. Pasalnya, kebijakan tersebut dilakukan masa panen raya. Hal ini membuat petani merugi lantaran turunnya harga gabah.

Wabup Tuban Minta Tak Impor, Aster KSAD: Pemerintah Tak Akan Buat Rugi Petani

"Saya cuma kritik kelakuannya, bukan orangnya loh. Kelakuannya merugikan petani, bikin makin miskin," kata Rizal Ramli dalam acara peluncuran buku "Nalar Politik Rente" di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Rabu malam (28/2).

Rizal setuju jika impor bahan pangan dilakukan pada saat musim kemarau panjang akibat cuaca buruk.

Menurutnya setiap enam tahun atau tujuh tahun Indonesia dilanda badai El Nino yang membuat panen menjadi menurun.

"Kalau itu yang terjadi saya pun setuju impor. Ini enggak perlu, dan dilakukan pada saat panen," ketusnya.

Rizal menduga kebijakan impor bahan pangan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya segelintir orang untuk memperkaya kelompok dan golongannya. Apalagi beberapa bulan ke depan sudah masuk tahun pemilu 2019.

Menurutnya langkah yang dilakukan menteri dari Partai Nasdem itu justru menggerus elektabilitas Joko Widodo yang dicalonkan sejumlah partai sebagai presiden dalam Pilpres 2019.

"Jadi ini gawat banget ini. Katanya Surya Paloh pendukung Jokowi, tetapi menterinya gerogotin elektabilitas Jokowi. Surya Paloh apa ini yang disebut restorasi. Ini restorasi keberengsekan," ujarnya. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...