23 July 2019

Rizal Ramli: Gusur Kampung Akuarium, Ahok Melawan Keputusan Presiden

KONFRONTASI-Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinilai telah melawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menggusur Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Pasalnya, sebelum terpilih jadi presiden Jokowi pernah berjanji tidak akan melakukan penggusuran. Namun, penggusuran tetap dilakukan setelah Ahok menggantikan Jokowi memimpin Jakarta.

‎”Presiden Jokowi sebetulnya sudah 3 kali datang ke akuarium, bolak-balik tidak akan menggusur. Tapi kok Gubernur Ahok menggusur, Ahok melawan keputusan Presiden, ada apa?,” ujar Mantan Menteri Koodinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli usai Dialog Kebangsaan bersama tokoh NU, Solahuddin Wahid di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (15/8).

Untuk mengatasi hal tersebut Rizal Ramli pun memberikan solusi mengenai penataan lingkungan di Jakarta tanpa harus merugikan rakyat kecil. Sebab, lahan yang berada di Kampung Akuarium dapat dibagi menjadi dua bagian.

‎”Solusinya, misalnya di Akuarium tanah negara 4 hektar, penduduk yang tinggal disitu 400 keluarga yang sudah puluhan tahun, dan mereka bayar PBB, artinya mereka punya hak,” terang pria dengan sapaan akrab RR itu.

‎”Jadi, 4 hektar itu setengah hektar kita buat apartemen, setiap keluarga dapat 50 m2, setengah hektar lagi kita bikin taman, tempat bermain, yang 3 hektar lagi kita tender ke swasta, 1 meternya kita hargai Rp25 juta, jadi dari yang 3 hektar kita tetap dapat Rp750 juta juga,” sambung dia.

Menurutnya, dengan solusi tersebut tidak ada pihak yang dirugikan, baik dari Pemerintah DKI Jakarta maupun bagi rakyat kecil yang berada di kawasan tersebut.

“Buat kasih apartemen gratis ke penduduk akuarium, biayanya cuma Rp200 milyar, negara masih untung, DKI masih untung,” tandasnya.[mr/akt]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...