24 January 2018

Rizal Ramli: Dalam Suasana Sulit Jangan Coba-coba Cari Keuntungan !

KONFRONTASI- Tokoh nasional Rizal Ramli mengingatkan  para pejabat, pengusaha dan politisi agar dalam suasana sulit jangan coba-coba cari keuntungan!! Naiknya harga beras dan kebutuhan pokok lainnya  di kota-kota  berbanding terbalik dengan harga hasil panen di desa yang dibeli murah dan merugikan kaum tani.

Mantan Menko Ekuin dan Menko Kemaritiman itu di acara ‘’Indonesian Business Forum’’ TV One semalam bertajuk “Kenaikan Harga Beras, Bulog dan Impor ?”  menuturkan bahwa  jangan ada pihak-pihak (pejabat dan pengusaha serta politisi)  yang coba-coba ambil keuntungan di tengah kesulitan rakyat dewasa ini. ‘’Apa iya harus impor beras segera ? Kok nafsu amat  impor beras?’’ tuturnya

RR juga meminta dan mendesak  Menteri Pertanian siapkan blue print  menyediakan dan mencetak sawah 1 juta hektar pakai mekanisasi di Sulawesi dan Memberamo Papua agar ada produksi pangan yang cukup sehingga Indonesia bisa jadi lumbung padi/pangan di Asia Tenggara.

Kebutuhan beras akan semakin besar seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia. Karena itu Pemerintah harus segera mengantisipasi dengan melakukan terobosan agar kebutuhan beras tercukupi.

Berbagai kalangan khawatir bahwa impor beras untuk mencari dana politik di tahun pilkada 2018 ini dan persiapan menuju Pilpres 2019, apalagi dicurigai akan ada mark up atau harga khusus.

Dalam diskusi di Balai Sarwono Jakarta, kemarin,  RR mengatakan persoalan urgen yang harus dipecahkan adalah persoalan berkaitan dengan ekonomi. Dia menyatakan pemerintahan Jokowi harus melakukan pembenahan.

"Masalah ada di golongan menengah ke bawah, kalau kebijakan ekonominya model begini ya itu super konservatif atau pengetatan maka ekonomi akan terus stuck. Kita harus tumbuh di atas enam persen," kata Rizal yang merupakan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurahman Wahid ini.

"Tapi harus tinggalkan model konservatif ini. Ada caranya seperti saya katakan pompa ekonomi tapi bukan pakai anggaran tapi pakai evaluasi aset, pakai secruty aset, pakai BOT, BOO. sehingga harga pangan murah dan rakyat punya daya beli sehingga ekonomi tumbuh kembali," sambung Rizal.
Foto Rizal Ramli.
Selainjutnya Rizal meminta pemerintah memperbaiki mekanisme kredit. Kredit disarankan diberikan kepada lembaga yang track recordnya baik dan memiliki jangkauan jauh ke dalam masyarakat pedalaman. (KF)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...