27 May 2019

Penjelasan Rizal Ramli, Mengapa Jokowi-Prabowo Selisih Tipis di Pilpres 2019

Persaingan di Pilpres 2019 tampaknya hanya mengalami sedikit selisih dalam raihan suara, antara Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal ini disampaikan oleh tokoh nasional Rizal Ramli yang menyatakan, bahwa saat ini masyarakat sudah banyak memahami kondisi negeri saat ini.

“Masyarakat kita sudah ngerti dan paham, apa dan bagaimana yang dirasakan saat ini. Sebetulnya tidak penting siapa yg membiayai lembaga survey,, selama methodenya betul2 ilmiah, perkiraan akan dalam batas margin of error (+|-2%). Pada kasus Ahok, kesalahan 8x margin of error,” jelasnya, kemarin

Rizal Ramli, Menko Ekuin era Presiden Gus Dur, mengaku memiliki sejumlah alasan terhadap prediksi yang ia lakukan. “Waktu Pilkada DKI, saya sudah bilang sama beliau (Jokowi) Ahok kalah… tapi Jokowi  malah mengatakan, sejumlah survei ahok menang. Ini kan namanya juga survey, tapi kita juga lihat fakta di lapangan seperti apa,” jelas Rizal.

Selain itu, Rizal juga menyatakan bahwa ada sekitar 20 persen masyarakat yang belum menentukan pilihannya. “Masih sangat cair sekali. 20% pemilih belum tentukan sikap (swing voters). Juga jangan lupa salah perkiraan mayoritas perusahaan polling 7-8 kali margin of error. luar biasa melesetnya, jadi formulanya: “I scratch your back, you scratch my back” tambah Rizal.

Ia juga menggambarkan di Pilpres 2014, dimana hasil survey hanya berdasarkan pengaruh dari nama Jokowi. “12 surveyor disewa backers Mas Jkw. Kesimpulannya seragam: Jika PDIP calonkan JKW, PDIP akan naik dari 16% ke 33-35%. Tapi kalau calonkan Mbak Mega, PDIP bakal anjlok ke 12%. RR perkirakan “JKW Effect” hanya 2%. Jkw terpilih jadi Pres 2014, PDIP hanya naik ke 18,4%,” jelasnya lagi.

“Namun Mbak Mega, pada 2014 itu masih ragu2, Bang Thaufik almarhum apalagi, tetapi akibat rekayasa hasil 12 surveyor yg masif tersebut, akhirnya Mbak Mega dukung Jkw. Media mainstream telan mentah2 propaganda itu. Padahal “Jkw Effect hanya 2,4%”, bukan 15-17%, 7-8x margin of errors, ampun deh,” tutupnya. (Fel)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...