13 December 2017

PDI Perjuangan Kembali Keok, Zulkifli Hasan Terpilih sebagai Ketua MPR Periode 2014-2019

KONFRONTASI - Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori PDI Perjuangan kembali telak dalam perebutan Pimpinan MPR. Politikus PAN, Zulkifli Hasan yan tergabung dalm Koalisi Merah Putih terpilih menjadi Ketua MPR periode 2014-2014 setelah melalui proses pemungutan suara di Gedung Nusantara I Senayan, Jakarta, pada Rabu dini hari, 8 Oktober 2014.

Perolehan hasil penghitungan suara adalah paket A dengan komposisi Ketua MPR Oesman Sapta dan wakil ketua adalah Achmad Basarah, Imam Nahrawi, Patrice Rio Capella, dan Hasrul Azwar, memperoleh 330 suara.

Untuk paket B dengan komposisi Ketua MPR Zulkifli Hasan dan wakil ketua adalah Mahyuddin dari Partai Golkar, Evert Erenst Mangindaan dari Partai Demokeat, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera, dan Oesman Sapta odang dari Dewan Perwakilan Daerah, memperoleh 347 suara.
Jumlah suara mencapai 678 dari total seluruh anggota DPR dan DPD yang hadir dalam pemilihan ketua MPR. Jumlah suara yang sah adalah 687, sedangkan yang tidak sah tidak ada, dan abstain satu suara.

paket A diusung oleh Fraksi PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, PPP, partai NasDem, dan Partai Hanura, sedangkan paket B diusung oleh Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, dan Fraksi PKS.

Pemungutan suara dimulai sekitar pada Selasa pukul 23.00 WIB dan selesai pada Rabu pukul 02.30 WIB. Sedangkan proses penghitungan suara dimulai pada Rabu, sekitar pukul 03.30 WIB sampai pukul 04.20 WIB

Lima nama yang diajukan dalam paket calon pimpinan MPR Koalisi Merah Putih resmi menjabat setelah mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Kelima pimpinan DPR itu adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan (PAN), serta Wakil Ketua MPR Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (DPD).

"Demi Alllah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat/Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Bahwa saya akan memegang teguh pancasila dan menegakkan UUD 1945 serta peraturan perundang-undangan," ujar kelimanya bersamaan mengikuti ucapan Hatta.

Setelah itu, para pimpinan MPR baru periode 2014-2019 tersebut menandatangani berita acara sumpah janji secara simbolis. Kemudian, dilakukan serah terima jabatan dari pimpinan MPR sementara, Maimanah Umar dan Ade Rezky Pratama.

Kelimanya pun langsung menempati kursi yang semula ditempati oleh anggota DPD tertua dan anggota DPR temuda itu.

Sebelumnya, paket pimpinan Koalisi Merah Putih ini harus bersaing dengan paket calon pimpinan MPR yang diajukan koalisi Indonesia Hebat. Paket ini terdiri dari calon ketua MPR Oesman Sapta (DPD), didampingi empat calon wakil ketua MPR, yakni Ahmad Basarah (PDI-P), Imam Nachrawi (PKB), Patrice Rio Capella (Nasdem) dan Hasrul Azwar (PPP)..[ian/tmp]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...