25 May 2018

Pak Presiden Jokowi Bentak Notaris Cantik Soal Sertifikat Tanah

KONFRONTASI -  Terkait kasus pemalsuan sertipikat tanah, yang melibatkan salah seorang perwira di kepolisian, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, digeledah Mabes Polri, Senin (19/5/2014).

Penggeledahan yang berlangsung selama 30 menit di ruang tata usaha itu, petugas akhirnya membawa beberapa berkas, kemudian masuk ke gedung utama BNP Kota Bandung.

Disinyalir beredarnya sertifikat palsu, juga terjadi di BPN Kab. Bandung. Sebab, tidak mempunyai peta dasar sehingga setiap permohonan pembuatan sertifikat, hanya berdasarkan surat dari kepala desa, dan adanya surat pernyataan bukan sengketa tanah sengketa.

Menurut pengakuan korban, tanah miliknya seluas 8330 m2 di Desa Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kab. Bandung kini ada yang mengklaimnya, yaitu Agus Setiawan. Setelah diteliti ternyata dia telah memiliki sertipikat.

Kemungkinan besar, ada oknum BPN Kab. Bandung yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Pihak BPN sempat  melakukan beberapa kali mediasi, tapi Agus Setiawan yang mengaku memiliki tanah tersebut  tidak memenuhi panggilan BPN sebanyak tiga.

Anehnya, BPN tidak bisa  menganulir sertifikat palsu tersebut. Seharusnya BPN yang membatalkan sertifikat tanah itu, karena lokasimya salah. Yang mencengangkan, BPN akhirnya memutuskan agar kasus itu diselesaikan melalui ranah hukum.

Kepala BPN Kab. Bandung, Suyus dan Kepala Seksi Sengketa Konflik Pertanahan (SKP) BPN Kab. Bandung, Yana, ketika dihubungi, Selasa (20/5/2014), tidak bersedia memberikan keterangan. Keduanya bungkam seribu bahasa.

 

Ditanya soal kepemilikan tanah,  pungutan liar dan percaloan, Suyus maupun Yana tak membalas pesan singkat yang dikirimkan Soreangonline.com. Dia terkesan melakukan pembiaran terutama terhadap puluhan calo yang setiap harinya bergetayangan di kantor BPN.

Disinyalir mafia tanah kongkalikong dengan oknum lurah atau kades, camat dan BPN sehingga banyak kasus tanah ditemukan di wilayah Kab. Bandung. Akibatnya, banyak kasus tanah yang masuk ke ranah hukum, baik  yang akan dan  sedang diproses di pengadilan.

Jokowi Geram, Sampai Bentak Notaris Cantik ini Soal Sertifikat Tanah 

Saksikan video Jokowi bentak SekretarisCantik Dibentak: https://www.youtube.com/watch?v=XREd-TjDCBM.(KONF/SOREANGONLINE/permenit)

Category: 
Loading...