23 May 2018

Mungkinkah Jokowi di Pilpres 2019? Sementara 2 Pilarnya di DKI & Banten Hancur Terjungkal?

KONFRONTASI -    Dua paslon cagub koalisi PDIP tumbang di Pilkada Serentak 2017. Rano-Embay di Banten, Ahok – Djarot di DKI. Padahal PDIP kampiun Pileg dan Pilpres 2014. Banteng yang tumbang malah petahana. Kok bisa?

Ahok dihantam isu menista Islam. Kebetulan dia Tionghoa dan non-muslim. Pasangan semangka Rano dengan H Embay PPP, terjengkang oleh isu komunis di provinsi tradisional mayoritas muslim. Soekarno M Noer, ayah Rano, (aktivis Lesbumi NU) diopinikan sebagai Lekra PKI. Ditambah sikap terjang dr Tjiptaning, Korwil DPP PDIP di Banten, yang selalu mengklaim ‘Aku Bangga Jadi Anak PKI’.

KPU menetapkan Pilkada serentak ketiga pada 27 Juni 2018, untuk Pilgub 17 provinsi, Pilbup 115 kabupaten, dan Pilwali 39 kota. Di 17 provinsi itu, ada tiga banteng petahana di Kalbar, Jateng, dan NTT. PDIP konon menargetkan Sumut, Jabar, Jatim, Bali, Kaltim, Maluku, dan Papua.

Nasib Ahok dan Rano, serta terancamnya petahana Ganjar Pranowo di Jateng oleh isu korupsi E-KTP, kini merundung citra partai banteng. Partai nasionalis ini mungkin bisa berharap di kawasan mayoritas non muslim. Tetapi bagaimana di provinsi kantong mayoritas muslim?

Ketika calon banteng non muslim, dihantam isu SARA. Saat bercalon Muslim, eh dituding komunis. Banteng pernah menghindar lewat koalisi semangka seperti dengan PPP di Banten. Faktanya, tetap keok.

Lantas dengan kekuatan muslim mana PDIP harus berkoalisi menepis isu SARA maupun komunis? Dengan NU kah (PPP dan PKB) atau dengan PAN dan PKS? Sejumlah pengamat menilai target PDIP dalam pilkada serentak kedua (2017) terbukti terpapar isu negatif Ahok. Bagaimana dengan pilkada serentak 2018?

Mampukah persandingan PDIP dan Jokowi tampil mewakili kembali aspirasi mayoritas rakyat, sebagaimana antusiasme pada Pilpres 2014? Bagaimana pula peluang Jokowi di Pilpres 2019 yang diwarnai politik aliran? Efektif kah 'Ahok efek'  kembali dimainkan guna mengebiri koalisi banteng-Jokowi? Atau, seberapa jauh Jokowi berani berpikir untuk maju tanpa dukungan Banteng?

Apa pendapat Anda?(SuaraUntukSemua)

Category: 
Loading...