28 February 2020

Menko Maritim: Pemerintah Bagikan 3.500 Kapal Canggih Ke Nelayan Di Seluruh Indonesia

KONFRONTASI - Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana memberikan bantuan kapal kepada para nelayan di tahun 2016 ini. Sebanyak 3500 kapal akan dibagikan kepada kelompok nelayan di seluruh Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Rizal Ramli mengatakan, pemberian bantuan ini untuk menunjang kelancaran usaha para nelayan dalam menangkap ikan. Namun pemberian kapal secara gratis ini juga akan melihat perbandingan populasi kapal dan laut.

"Kita akan bagi 3.500 kapal. Pemerintah sudah pesan kapal ini. Jika populasi kapal sudah banyak ya kita kurangi jumlah donasi kapalnya. Kalau butuh banyak seperti di Natuna, ya kita perbanyak," ujar Menko Maritim, Rizal Ramli, saat kunjungannya di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi.

Bantuan kapal ini, kata Rizal, akan disebar keseluruh pelosok Indonesia dengan jumlah yang bervariasi. Selain itu, untuk kapasitas kapalnya juga nantinya juga berbeda-beda. Kapal-kapal ini, tambah Ramli, biaya pengadaannya diambil dari APBN 2016.

"Ada yang 30 GT, 20 GT maupun 10 GT. Memang kapal ini bukan kapal kayu, kebanyakan kapal fiberglass," tambahnya.

Untuk nelayan yang ingin mendapatkan kapal ini, diharapkan segera membentuk koperasi nelayan. Sebab bantuan ini nantinya bukan diberikan secara perseorangan, melainkan diberikan secara berkelompok.

Kapal ini, nantinya akan dilengkapi teknologi canggih untuk mencari ikan. Sehingga para nelayan bisa mendeteksi ikan di laut, melalu peralatan yang berada di dalam kapal tersebut. Untuk itu, diharapkan para nelayan bisa mempelajari terlebih dahulu sistem operasional kapal itu, jika sudah mendapatkannya. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...