13 November 2019

Mantan Wapres Boediono Tersangka Century?

KONFRONTASI - Beredar kabar mantan Wakil Presiden Boediono sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus Bank Century.

"Dalam perjalanannya prestasi KPK 10 tahun kasus semuanya 435. Ada menteri, gubernur, bupati/walikota, diplomat. Terakhir kita sudah men-tersangka-kan Mantan Wakil Presiden, Boediono, kita menangkap tangan ketua Mahkamah Konstitusi, kemudian BPK sebagai lembaga tingi negara," kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (4/12).

Hal itu disampaikannya dalam sebuah acara yang juga diikuti oleh anggota DPRD Riau dan DPRD Kota Pekanbaru, di Gedung DPRD Riau. Usai acara, Adnan langsung dicecar pertanyaan sejumlah media yang ingin memastikan status Boediono.

Saat ditanya kenapa tidak ada pemberitaan sebelumnya, ia menjawab hal itu sudah ada dan menyarankan untuk bertanya kepada yang lain. "Kan Perkara Century, sudah ada beritanya, coba tanya sama yang lain," sebutnya.

Informasi ini juga muncul lewat broadcast message beberapa saat yang lalu

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak lagi punya kendala untuk menyeret aktor utama skandal bailout Bank Century. Sebab, rezim pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah selesai.

Mantan tim sembilan Misbakhun mengatakan, saat ini KPK dapat dengan mudah untuk mengungkap kasus yang merugikan keuangan negara senilai Rp6,7 triliun itu.

"Tidak ada lagi benteng kuasa yang dihadapi KPK. Karena rezim sudah berganti," kata Misbakhun di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Untuk itu, kata Misbakhun, pihaknya menagih janji institusi tindak kejahatan korupsi, menindak aktor utama di balik kasus tersebut.

"Saya ingatkan janji KPK di ruangan ini (ruang rapat Timwas Century DPR), bahwa KPK kita tunggu hasil kerjanya," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan anggota tim sembilan, Tjandra Tirta Wijaya. Politikus PAN ini meminta agar KPK segera menyeret aktor utama di balik skandal Century.

"Kami harapkan jangan sampai terkesan tidak berani melakukan aksi selanjutnya. Padahal KPK menyatakan bukti-buktinya sudah lengkap," kata Tjandra.

Dibantah

Namun KPK kemudian membantah isu bahwa mantan Wakil Presiden Boediono telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus skandal Bank Century. 

"Setahu saya tidak ada, tidak ada ekspose (gelar perkara) apapun soal itu," kata komisioner KPK bidang penindakan, Bambang Widjojanto saat dikonfirmasi, Kamis (4/12/2014).

Isu soal Boediono jadi tersangka ini awalnya beredar dari sebuah media yang mengutip perkataan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja. Namun, saat dikonfirmasi Pandu membantah dengan tegas.

"Kabar itu salah," tegas Pandu saat dihubungi secara terpisah.

Jubir KPK Johan Budi juga menjelaskan secara gamblang bahwa KPK belum pernah menetapkan Boediono sebagai tersangka. Hingga saat ini, tak ada Sprindik atas nama Boediono.

"Saya sudah tanyakan kepada pimpinan, kabar itu tidak benar. Jadi saya klarifikasi bahwa tidak ada penetapan tersangka atas nama Bapak Boediono," ungkap Johan.[jpn/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...