23 November 2017

Lebaran Presiden RI yang Berbeda dari Presiden Sebelumnya

KONFRONTASI -   Berbeda dengan kebiasaan para presiden terdahulu, Joko Widodo akan merayakan Idul Fitri bersama keluarga di Aceh, bukan di kediaman resmi di Jakarta.

Para pendahulu Presiden Jokowi biasanya merayakan Idul Fitri di ibu kota Jakarta.

Kunjungan Joko Widodo ke Aceh ini menurut antropolog Teuku Kemal Fasya dari Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, memiliki makna simbolis.

"Jokowi sebagai presiden mencoba menjaga kepentingan terutama kepentingan seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia dari Aceh sampai Papua. Di natal yang lalu, dia misa natal di Papua dan di Idul Fitri ini dia merayakan hari raya di Banda Aceh," kata Teuku Kemal Fasya.

Kunjungan Jokowi ke Aceh dilakukan di tengah masih adanya perbedaan pandangan antara Jakarta dan para pejabat di Aceh mengenai bendera provinsi tersebut.

"Kalau perasaannya sih, alhamdulillah senang. Karena beliau mau berlebaran di Aceh."
Popon

Pemerintah di Jakarta menganggap bendera tersebut mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka dan meminta desain bendera ini diubah.

Hingga kini, permintaan tersebut belum dipenuhi. Kunjungan Jokowi ke Aceh bagi Teuku Kemal Fasya adalah salah satu usaha meredam polemik tersebut.

Disambut beragam

Bagaimana pun, kehadiran Jokowi di Aceh untuk merayakan Idul Fitri disambut beragam oleh warga Aceh.

"Kalau perasaannya sih, alhamdulillah senang. Karena beliau mau berlebaran di Aceh," kata Popon, seorang pegawai bank.

Lain halnya dengan Rusli, seorang Pegawai Negeri Sipil, "Saya sih biasa aja. Gak ada yang istimewa gitu."

Namun bagi Eli, seorang ibu rumah tangga, kunjungan Jokowi ke Aceh memberi harapan besar.

"Saya harap beliau akan memperhatikan warga Aceh. Misalnya ada bangunan atau jalan yang tidak kelar, dikasih kelar," kata Eli.

Setelah mengunjungi Aceh, Presiden Joko Widodo rencananya akan bertolak ke Solo guna menghabiskan lebaran di kota kelahirannya.(Juft/BBC)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...