21 May 2019

KPU Tasikmalaya: 01 Naik 1 Persen, 02 Unggul 72 Persen

KONFRONTASI -   Penghitungan raihan suara Pilpres 2019 masih dilakukan KPU Kota Tasikmalaya. Namun berdasarkan data yang masuk sementara, pasangan 02 Prabowo-Sandi unggul telak di Kota Resik ini.

Hingga Jumat (19/4) pukul 13.00, dari data yang masuk sekitar 176 TPS di 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya. Pasangan 02 unggul sebesar 72,2 persen dan pasangan 01 sebesar 27,8 persen.

Nilai angka ini, tidak berbeda jauh dengan hasil di Pilpres 2014. Kala itu, pasangan Prabowo-Hatta unggul sekitar 73,93 persen dari pasangan Jokowi-Jusuf Kalla yang mendapat 26,07.

Meski kembali kalah di Kota Tasikmalaya, tetapi raihan suara Jokowi-Amin di Pilpres 2019 mengalami kenaikan sebesar kurang lebih 1 persen.

”Itu hasil sementara real count,” ujar Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Muttaqien MAg saat ditemui di kantornya kemarin.

Menurutnya, apabila dilihat dari Pilpres 2014 lalu, pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan raihan 73,93 persen dibandingkan Jokowi-JK meraih 26,07 persen.

“Melihat hasil pilpres sebelumnya dengan perolehan sementara yang sekarang, angkanya tidak berjauh beda. Memang ada kenaikan perolehan di pasangan 01 sebanyak satu persen, dan 02 memang menurun 1 persen,” tuturnya.

Sementara itu, simpatisan Jokowi-Amin Kota Tasikmalaya Nunu Nuraeni mengatakan telah melakukan beragam upaya menaikkan suara pasangan 01 di Kota Tasikmalaya. Salah satunya dengan kampanye door to door, kegiatan sosial sembako murah hingga jalan sehat yang digerakkan oleh Kang Yanto Oce. ”Bahkan di hari hari terakhir masa kampanye, kita menggelar senam sehat,” ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya menyosialisasikan kesuksesan pembangunan di bidang infrastruktur. Diantaranya pemerataan di luar pulau Jawa lewat pembangunan jalan dan tol, untuk mendorong sendi-sendi perekonomian daerah. “Termasuk di kita sendiri bisa terwujud aksesibilitas udara dengan hadirnya Bandara Wiriadinata Tasikmalaya. Tentu, sangat berperan mendorong laju investasi dan perekonomian. Belum lagi, waktu dekat ini akan dimulai pembangunan Tol Jawa Barat Selatan penghubung akses Priangan Timur,” terangnya.

Nunu menilai hasil yang diraih Jokowi-Amin di Kota Tasikmalaya sudahlah maksimal, meskipun tidak sesuai target raihan suara. ”Kita bersyukur ada kenaikan suara Jokowi-Amin di Kota Tasik, walaupun masih sangat kecil,” tandasnya. (Juft/RadarTasikmalaya)

 
 
 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...