18 November 2018

Kata Abraham Samad, Doakan pimpinan KPK yang baru

KONFRONTASI-"Mari kita doakan pimpinan KPK yang baru terpilih untuk tetap konsisten. Bukan hanya mencegah korupsi, tapi juga memberantasnya," ujar Abraham Samad di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang sempat dinonaktifkan lantaran dikaitkan dengan kasus pemalsuan dokumen, itu juga berharap bahwa masyarakat Indonesia memberikan kepercayaan kepada pimpinan KPK yang baru.

Dirinya berharap, agar pimpinan lembaga anti-rasuah ini memiliki nyali dan keberanian mengungkap sekaligus menangkap para koruptor yang memakan uang negara untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

"Kalau kejujuran saja tanpa ada nyali yang kuat, mustahil bisa memberantas korupsi di Indonesia. Itu modal besar yang harus dimiliki pimpinan, selain itu integritas dan idealisme menjadi hal utama," katanya mantan Direktur Anti-Corupption Committee Sulawesi itu.

Abraham Samad bersama Bambang Widjojanto, yang pernah dinonaktifkan sebagai Wakil Ketua KPK dikaitkan dengan kasus pidana, diundang lembaga Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia dalam kegiatan "Kemah Akbar Aktivis Anti-Korupsi" pada 18 hingga 20 Desember 2015 di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Direktur Kopel Indonesia, Syamsuddin Alimsyah, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk mengawal dan meningkatkan gerakan anti-korupsi di Indonesia, kendati mantan pimpinan KPK yang dihadirkan pernah mengalami kriminalisasi.

"Meskipun mereka tidak lagi menjabat, tapi kami tetap konsisten bersama-sama mengawal perjuangan memberantas perilaku korupsi di Indonesia. Ini tidak boleh surut, meski ada pimpinan KPK yang baru, tapi belum teruji integritasnya," ujarnya.

Abraham dan Bambang saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin disambut dengan prosesi adat Anggaru, yakni upacara penyambutan adat Bugis Makasar bagi pahlawan ketika pulang dari medan perang memberantas kezaliman dan kemungkaran.

Keduanya terlihat pula disambut sejumlah anak-anak taman kanak-kanak (TK) Rausan Fikra binaan Kopel Sulsel yang ikut memegang poster anti-korupsi.(W/ANT)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...