18 July 2019

Kalau PDIP dan KMP Beroposisi, Jokowi Tetap Tak Perduli. Kabinetnya Buruk Kerja

Konfrontasi - PDIP malah bagus kalau jadi oposisi atas Jokowi karena hampir pasti Jokowi gagal melaksanakan Nawacita dan Trisakti Soekarno, apalagi revolusi Mental, sebab para menteri kabinet Jokowi juga kelas tiga, buruk kinerjanya dan setali tiga uang dengan Jokowi sendiri.

Demi mempertahankan marwah dan martabat PDIP serta citra parpol dengan logo Banteng, maka PDIP itu logis kalau jadi oposisi atas Jokowi dan kalau kemudian KMP juga oposisi, maka Jokowi di tubir jurang kejatuhan. Amblas Jokowi kalau KIH dan kMP beroposisi, lalu apa kata dunia? ''Jangan-jangan Jokowi tak perduli, sebab dia kan tak punya malu dan tak punya harga diri, '' demikian Reinhard MSC, peneliti politik. 

PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai pengusung Presiden Jokowi di Pilpres 2014 bisa berbalik menjadi partai oposisi. Hal itu jika Jokowi menolak untuk melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Pakar Politik dari CSIS, J Kristiadi mengatakan, tekanan dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu justru lambat laun semakin membuat Jokowi dalam posisi dilema.

"Partai pengusung (PDIP) justru bisa jadi partai oposisi. Di KIH itu kan yang paling kencang (intervensi) PDIP," kata Kristiadi, kepada INILAHCOM, Jakarta, Minggu (1/2/2015).

Menurutnya, Jokowi bisa saja keluar dari partai tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin, partai Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bergabung bersama Koalisi Merah Putih (KMP) tanpa PDIP.

"Politik itu selalu bisa. Malah bin ajaib, agar para partai politik itu sadar. Supaya rakyat tau sebetulnya Jokowi ini ingin taat dan melaksanakan keinginan rakyat," tegasnya.

Penilaian itu juga menyusul atas pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto. Menurutnya, pertemuan yang digelar di Istana Bogor beberapa waktu lalu itu dalam rangka mengimbangi tekanan politik dari PDIP sebagai partai pengusung di Pilpres 2014.

"Bertemu Prabowo itu mencari keseimbangan. Dimana Jokowi itu sudah tidak bisa mendapat dukungan dari KIH, desakan dari PDIP cukup deras untuk melantik BG (Budi Gunawan)," kata Kristiadi. [mes]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...