19 July 2019

Jokowi: Yang Hobi Main Stok dan Harga, Saya Kejar!

KONFRONTASI-Pelaku pasar di sektor logistik dan grosir diingatkan untuk menurunkan harga jual barangnya saat pemerintah memutuskan menurunkan bahan bakar minyak (BBM). Presiden Joko Widodo pun mengultimatum, pemerintah akan menindak para pelaku pasar yang gemar hobi memainkan stok dan harga.

"Yang mau saya kejar, mungkin ini pemilik perusahaan, logistik, grosir besar-besar sembako, saya akan kejar agar harga-harga ikut turun. Hati-hati yang hobinya stok dan main harga, saya akan kejar," ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara Indonesia Outlook 2015 di Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Jokowi mengungkapkan, pemerintah berencana akan kembali menurunkan harga BBM dalam waktu dekat. Dia menyebutkan, perkiraan harga yang ditetapkan berkisar Rp 6.400-Rp 6.500.

Penurunan harga dilakukan karena adanya penurunan harga minyak dunia yang kini berada di level 45-50 USD. Dengan adanya penurunan harga BBM itu, maka Jokowi meminta semua pelaku pasar bisa menyesuaikan harga.

Jokowi menyadari, saat harga premium diturunkan dari Rp 8.500 menjadi Rp 7.500 pada 1 Januari lalu, harga-harga sembako dan ongkos transport tidak juga turun. "Ini yang mau kita kejar di bawah, di lapangan. Harus bisa turun," ungkap dia.

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan bahwa penyesuaian harga sembako ini akan melalui mekanisme pasar permintaan dan penawaran. Selain itu, Sofyan juga menyoroti soal tata niaga di Indonesia yang tidak sehat.

"Struktur pasar tidak sehat, harus diawasi. Bisa saja, karena struktur pasar tidak sehat, harga ongkos turun, tapi nggak turun harga jualnya. Itu bisa dimainkan oleh para distributor dan lain-lain," kata dia.[MR/KCM]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...