19 July 2019

Jokowi Ditantang Copot Mendag, Berani Nggak?

KONFRONTASI- Presiden Joko Widodo mendapat tantangan untuk mencopot Menteri PErdagangan Enggartiasto Lukito. Tantangan itu dilontarkan Rizal Ramil, Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman usai keliling menemui sejumlah petani, masyarakat kecil dan pengusaha pribumi di Surabaya, Sabtu (29/9/2018).

“Kalau mau tetap dicintai masyarakat, Pak Jokowi copot saja Enggar (Menteri Perdagangan), dia kan dibalik impor pangan besar-besaran,” kata Rizal Ramli usai melantik Asosiasi Pengusaha Pribumi Indonesia (Asprindo) Jawa Timur.

Dijelaskan Rizal Ramli, banyaknya program impor produk konsumsi menjadi beban berat para petani. “Sekarang banyak impor daging, impor gula, impor garam hingga impor beras. Tujuannya ke siapa? Tidak jelas peruntukannya,” kata Rizal yang juga pakar ekonomi.

Contoh impor beras jutaan ton. PAdahal sekarang produksi beras petani sedang banyak. Gudang-gudang milik bulog dan petani penuh. Nah betul kata Kepala Bulog, mau ditaruh mana beras-beras itu kalau nggak dijual ke masyarakat. Sehingga beras petani jadi tidak laku.
“Masuknya barang impor, mulai beras hingga garam membuat harga barang produk dalam negeri, tidak laku karena bersaing di harga. Siapa yang rugi? Rakyat kecil, para petani kita,” kata Rizal Ramli yang juga pernah menjabat Kepala Bulog ini.

Oleh karenanya, Rizal mengusulkan agar Jokowi segara melakukan reshuffle menteri Enggar yang juga kader Nasdem tersebut. Apabila reshuffle tersebut tak segera dilakukan, maka akan menghambat bahkan menurunkan elektabilitas Jokowi jelang pilpres 2019 di mata rakyat kecil.
“Sayangnya Pak Jokowi tidak berani bersikap tegas. Seharusnya, beliau mengambil sikap terhadap orang-orang di dekatnya yang tidak membuat program pro rakyat, tapi nggak tahu berani apa tidak,” ucap Rizal sambil terkekeh. (Nawacita/BDO)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...