25 May 2017

Jokowi Disarankan Pilih Rizal Ramli jadi Menko

Jokowi-Rizal Ramli

KONFRONTASI- Siapa kandidat menko yang terbaik bagi kabinet Jokowi-JK? Direktur Eksekutif IndoStrategi, Andar Nubowo MA, alumnus EHESS Paris, menegaskan teknokrat senior dari ITB Rizal Ramli PhD, merupakan kandidat terbaik untuk posisi menko ekuin. Sementara akademisi Universitas Paramadina Dr Herdi Sahrasad menilai, menghadapi oposisi Koalisi Merah Putih, Rizal Ramli bisa ditempatkan Jokowi pada posisi menko polhukam atau menko ekuin untuk melakukan ''revolusi mental'' kelembagaan di bidang ekuin atau polhukam yang di era SBY mengalami krisis tersembunyi sehingga rezim SBY mewariskan tumpukan utang lebih dari 2000 trilyun rupiah, kebocoran finansial karena besar pasak dari tiang dan kebobrokan ekonomi maupun sosial dan hukum.

Terkait untuk tim ekuin Jokowi, Andar menyebut Rizal Ramli PhD, yang disebut  mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Ahmnad Syafii Maarif sebagai ekonom/tokoh revolusioner era reformasi, sangat tepat jika menjadi Menko Ekuin Jokowi-JK karena rekam jejak, kredibilitas dan integritas serta kenegarawanan Rizal Ramli sudah teruji. Rizal Ramli kini panel ahli ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York bersama Prof Amartya Sen dan ekonom dunia lainnya.

Andar Nubowo,Dosen Fisip UIN Jakarta ,  mengatakan, tokoh-tokoh Muhammadiyah sudah teruji dalam dunia pendidikan. Andar melanjutkan, lembaganya telah menjaring lima tokoh Muhammadiyah yang  punya kompetensi, yakni Profesor Munir Mulkan, Profesor Suyanto, Profesor Bambang Setiaji, Doktor Iwan Akib dan Doktor Muhajir Effendi.

Pengalaman di dunia pendidikan yang dimiliki tokoh Muhammadiyah dinilainya bisa membantu Joko Widodo (Jokowi) memajukan pendidikan nasional. 

Bahkan hingga kini, kata dia, banyak tokoh Muhammadiyah menjabat sebagai rektor di sejumlah perguruan tinggi.

“Selayaknya Pak Joko Widodo dan Jusuf Kalla melirik sejumlah tokoh Muhammadiyah. Ingat lho, saat ini Muhammadiyah mengelola ribuan sekolah dari TK hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” kata Andar Rabu 3 September 2014.

Secara terpisah, Herdi Sahrasad menyatakan, Rizal Ramli disebut Buya Ahmad Syafii Maarif, tokoh terkemuka Muhammadiyah,  sebagai sosok revolusioner karena rekam jejaknya sebagai pejuang pembaruan dan  pengusung ekonomi konstitusi (Trisakti Bung Karno). Rizal  Ramli adalah anak yatim yang tumbuh menjadi demonstran mahasiswa ITB yang dipenjara Orba dan meraih PhD ilmu ekonomi di Boston University,AS,  sampai memimpin Menko Ekuin Kabinet Gus Dur dan Kadin serta menjadi panel ahli ekonomi PBB New York.  Kini terpulang pada Jokowi-JK dan Megawati Soekarnoputri: Maukah mereka memilih Rizal Ramli sebagai menko di kabinet baru nanti?

'' Sekiranya Rizal Ramli masuk kabinet Jokowi, maka dialah pendekar utama civil society yang bakal membentengi Jokowi dari serangan Koalisi Merah Putih, tentu bersama civil society yang selama ini sudah berdiri di belakang Rizal Ramli,'' kata Andar.  (K)

Category: 

loading...



News Feed

Loading...